Selasa, 23 Oktober 2018 00:00 WIB
Optimalisasi ATCS Mengurai Kemacetan Di 73 Titik
Optimalisasi ATCS Mengurai Kemacetan Di 73 Titik
Optimalisasi ATCS Mengurai Kemacetan Di 73 Titik

Dinas Perhubungan Kota Tangerang terus melakukan inovasi dalam mengatasi masalah kemacetan terutama saat jam sibuk yakni pagi dan siang hari.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan membuat ATCS Area Traffic Control System (ATCS) yang merupakan pusat pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi. Melalui alat ini, Dishub melakukan pemasangan CCTV di 33 titik persimpangan.

Sekretaris Dinas Perhubungan yakni Wahyudi Iskandar menuturkan, seluruh rambu - rambu lalu lintas di Kota Tangerang telah terpantau secara langsung melalui Area Traffic Control System (ATCS).

Sehingga, petugas dari ATCS bisa mengendalikan secara langsung jika ada kemacetan panjang dan perlu dilakukannya rekayasa lalu lintas. "Jadi, seluruh rambu lalu lintas bisa dikendalikan oleh petugas dari ATCS jika memang ada kemacetan panjang," ujarnya.

Dinas Perhubungan Kota Tangerang mencatat, ada 73 titik hambatan atau kemacetan yang saat ini terus dilakukan upaya penanganan dan solusinya dengan pengaturan rambu lalu lintas melalui ATCS.

"Jadi, kita sudah petakan beberapa titik kemacetan untuk dapat ditangani melalui sistem ini maupun dengan menempatkan petugas di lapangan secara langsung," ujarnya.

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin pun menghimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib dalam berlalu lintas dan tak melawan arah yang dapat membahayakan keselamatan dan juga perbuatan melawan hukum.

Dijelaskannya, pengaturan sistem lalu lintas yang dilakukan petugas dimaksudkan untuk membantu dalam kelancaran meski harus dilakukan perputaran arah yang tak seperti biasanya.

Hal ini dilakukan karena meningkatnya jumlah kendaraan yang ada dan bagian dari tidak terhambatnya proses laju kendaraan. "Karena sudah semakin padat, petugas biasanya melalukan rekayasa lalu lintas. Ini bertujuan untuk memaksimalkan laju kendaraan tak terhambat," ujarnya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!