Senin, 1 Oktober 2018 00:00 WIB | Dibaca : 333
Warga Panunggangan Barat Aktif Gerakkan Bank Sampah
Warga Panunggangan Barat Aktif Gerakkan Bank Sampah
Warga Panunggangan Barat Aktif Gerakkan Bank Sampah
Warga Panunggangan Barat Aktif Gerakkan Bank Sampah

Warga di RW 10 komplek Villa Ilhami Kelurahan Panunggangan Barat Kecamatan Cibodas aktif menggerakan bank sampah. Upaya itu membantu program Pemerintah Kota Tangerang dalam gerakan 1000 bank sampah

Bendahara Bank Sampah Arafah, Lenny Yulanny menuturkan Bank Sampah Arafah telah berdiri sejak tahun 2015 lalu, yang dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga yang tergabung di Posyandu Arafah. Bank sampah dibentuk bertujuan mengurangi sampah kering di lingkungan perumahan sekaligus sarana menambah penghasilan dan kreatifitas warga setempat.

"Melalui Bank Sampah juga mampu mengurangi sampah ke pembuangan akhir, kemudian mengubah perilaku masyarakat terhadap sampah serta mendidik generasi muda untuk peduli kepada kebersihan lingkungan," ujarnya.

Menurutnya upaya yang dilakukan warga mendukung program 1000 bank sampah, sejak didirikan antusias warga sangat tinggi dalam pemilahan dan pengumpulan di Bank Sampah. Sebelumnya diikuti 66 warga kini sudah bertambah menjadi 100 nasabah.

"Dalam sebulan sampah yang dikumpulkan oleh warga berkisar 300-400 kilogram," katanya.

Pihaknya berharap Pemkot Tangerang dapat memperhatikan Bank Sampah dengan penyediaan sarana gudang penyimpanan sampah. Dengan demikian warga akan semakin semangat serta bank sampah yang dikelola secara mandiri akan semakin maju dan berkembang.

"Kendala tidak ada gudang sehingga apabila pengepul terlambat mengambil maka sampah disimpan di gedung Posyandu," ucap Lenny.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!