Senin, 1 Oktober 2018 00:00 WIB | Dibaca : 386
Layanan Satu Dokumen Dapat Tiga Dokumen Jadi Unggulan Disdukcapil
Layanan Satu Dokumen Dapat Tiga Dokumen Jadi Unggulan Disdukcapil
Layanan Satu Dokumen Dapat Tiga Dokumen Jadi Unggulan Disdukcapil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang memberikan kemudahan layanan. Selain membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu juga yang saat ini menjadi unggulan ialah program layanan satu dokumen dapat tiga dokumen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Erlan Rusnarlan menjelaskan, program satu dokumen dapat tiga dokumen kini terus menjadi unggulan pihaknya karena memang berkonsep layanan masyarakat sepenuhnya.

“Contohnya, jika ada warga yang melahirkan anak, nanti dalam proses layanan yang sifatnya gratis itu warga bisa mendapatkan kartu induk anak, Akte kelahiran dan Kartu Keluarga. Dan itu syaratnya sangat mudah, bahkan bisa melalui online yang ada di Puskesmas dan Kecamatan,” ucap Erlan.

Kepala Bidang Catatan Sipil Ema Rahmawati menuturkan layanan ini sangat membantu masyarakat dalam melengkapi administasi kependudukan. Tidak hanya soal kelahiran anak, bahkan pihaknya juga melayani soal kematian, perceraian, dan perkawinan.

“Tidak hanya tiga, bahkan ada satu layanan yang bisa sekaligus mendapatkan tujuh dokumen. Ini sangat mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Bahkan tak jarang kami juga langsung jemput bola di berbagai kegiatan yang ada oleh pemerintah, seperti pada festival Cisadane lalu,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Ema mengatakan, untuk layanan pindah datang juga semakin mudah. Warga bisa langsung mengurusnya di Kecamatan, yang nantinya mereka akan melaporkan ke Dinas.

“Jika ada pembaharuan Kartu Keluarga, cukup hanya datang ke kantor Kecamatan saja, nanti bisa juga diambil lagi disitu. Intinya kami berikan layanan sepuasnya untuk masyarakat, bahkan jika ada warga yang perlu dilayani di rumah sakit kami siap untuk datang, belum lagi kami terintegrasi secara aplikasi,” ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!