Minggu, 23 September 2018 00:00 WIB | Dibaca : 330
Dinkop-UKM Bina 400 UKM Baru
Dinkop-UKM Bina 400 UKM Baru
Dinkop-UKM Bina 400 UKM Baru
Dinkop-UKM Bina 400 UKM Baru

Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Tangerang setiap tahunnya terus tumbuh. Hal tersebut seiring dengan gencarnya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Koperasi dan UKM dalam melakukan pembinaan dan kemudahan dalam perizinan.

Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang, Sarmili menjelaskan di Kota Tangerang pertumbuhan UKM sangat positif dan setiap tahunnya terus bertambah. Ia menyebutkan bahwa untuk di tahun 2018 ini ada sekitar 400 UKM baru yang muncul.

"Saat ini kita tengah melakukan validasi data. Hingga bulan ini sudah berjumlah 400 UKM baru, hal ini karena memang pemerintah kota memang memfasilitasi penuh," katanya.

Dijelaskannya, Pemkot terus memberikan ruang kepada para pelaku UKM, setiap berbagai event yang selalu disertakan. Karena dengan bangkitnya UKM juga merupakan kebangkitan ekonomi. Sarmili mengatakan, pihaknya terus secara berkala melakukan pembinaan dan promosi.

"Jika ada acara kami sertakan pada pameran-pameran yang ada, baik itu di lingkup kota Tangerang maupun luar daerah, juga kami berikan stan bazar secara gratis. Selain itu, berkala kami berikan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan packaging, pelatihan membuat merek dan lain-lainnya," jelasnya.

Lebih jauh Sarmili mengungkapkan bahwa tantangan kedepan bagi para pelaku UKM ialah pemasaran digital. Saat ini peran teknologi tidak bisa dihindari, para pelaku UKM dituntut untuk mampu memasarkan produknya secara online jika ingin tumbuh dan berkembang pesat.

"Dengan online biaya akan semakin efisien karena tidak harus buka toko, selain itu jangkauannya juga luas bisa ke seluruh Indonesia," pungkasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Sayuti menuturkan, jumlah UKM Kota Tangerang hingga akhir tahun 2017 tercatat 1.284 unit. Jumlahnya bertambah selama lima tahun terakhir bahkan produknya tela tembus hingga level Internasional.

Pemerintah Kota Tangerang, lanjutnya, akan terus melakukan sosialisasi dan membantu dalam promosi. Sebab UMKM menjadi kekuatan ekonomi daerah saat perekonomian nasional mengalami penurunan.

UMKM pun memberikan kesejahteraan kepada masyarakat melalui potensi yang ada di masing - masing wilayah. Apalagi sekarang munculnya kampung tematik. "Kita arahkan warga untuk mengembangkan UMKM melalui kampung tematik yang ada," katanya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!