Sabtu, 22 September 2018 00:00 WIB | Dibaca : 275
Empat Tahun Berhasil Bangun 4.925 Unit Rumah Layak Huni
Empat Tahun Berhasil Bangun 4.925 Unit Rumah Layak Huni
Empat Tahun Berhasil Bangun 4.925 Unit Rumah Layak Huni
Empat Tahun Berhasil Bangun 4.925 Unit Rumah Layak Huni

Program pembangun/rehab rumah tidak layak huni yang diluncurkan Pemerintah Kota Tangerang sejak tahun 2014 telah berhasil memperbaiki ribuan rumah yang layak huni bagi masyarakat.

Kegiatan yang masuk dalam program Tangerang berbenah tersebut sejalan dengan RPJMD Kota Tangerang yakni pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Selama kurun waktu dari tahun 2914 hingga 2017, sebanyak 4.925 unit rumah tak layak huni telah berhasil dilakukan pembangunan/bedah.

Kepala Seksi P3 pada dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Tangerang, Shandy Sulaiman mengatakan, pembangunan/rehab rumah tak layak huni setiap tahunnya alami peningkatan. Berdasarkan data, pada tahun 2014 dilakukan pembangunan sebanyak 53 unit.

Memasuki tahun 2015, pembangunan/rehab dilakukan terhadap 1.107 unit rumah yang tersebar di 13 Kecamatan. Lalu di tahun 2016, jumlahnya meningkat menjadi 1.451 unit. Dan di tahun 2017, jumlahnya lebih dua kali lipat yakni tercatat 2.314 unit rumah dilakukan pembangunan/bedah.

Diakuinya, program ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Pasalnya, pemkot Tangerang melibatkan peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dalam sosialisasi dan juga pembangunan.

Tujuannya adalah agar masyarakat terlibat langsung dalam pembangunan dan mengusulkan rumah yang layak untuk di bedah/bangun sebab lebih mengetahuinya. "Ini agar masyarakat bisa memberikan masukan dan juga memfokuskan program kepada warga," ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Tangerang, Dafyar Eliyadi menambahkan jika pihaknya akan terus melanjutkan program ini di tahun mendatang sebab masih adanya usulan dari masyarakat.

Namun sebagian besar rumah yang tak layak huni telah berhasil diperbaiki dan masyarakat mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. "Programnya akan tetap dilanjutkan pada tahun mendatang," paparnya.

Kemudian, pemkot Tangerang pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah banyak membantu dalam proses pembangunan. Sebab, warga secara gotong royong ikut serta dalam menata lingkungannya dengan memperbaiki rumah yang tak layak huni.

"Dengan begini maka lingkungan tersebut akan menjadi lebih baik lagi dan mewujudkan Kota Layak Huni," tegasnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!