Senin, 17 September 2018 00:00 WIB
2019, DLH Luncurkan Alat Pengolahan Sampah
2019, DLH Luncurkan Alat Pengolahan Sampah
2019, DLH Luncurkan Alat Pengolahan Sampah

Pemerintah Kota Tangerang terus melakukan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan sampah. Mulai dari membuat program yang menggerakan partisipasi masyarakat seperti Bank Sampah, TPS 3R, Kampung Hijau, Kampung PHBS dan banyak lagi

Hasilnya, jumlah sampah dari masyarakat yang diangkut petugas dan dibuang ke TPA Rawakucing pun alami pengurangan. Masyarakat telah berhasil mengolah sampah organik dan anorganik menjadi barang bernilai.

Namun, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk maka sampah yang dihasilkan pun alami peningkatan. Perlu cara lain dalam mengatasi sampah tersebut akan tak menjadi masalah kota dan lingkungan.

Pembuangan sampah secara terus menerus ke TPA Rawakucing pun tak bisa dilakukan. Karena hal tersebut bisa mengurangi usia TPA Rawakucing dan menjadi gunung sampah di wilayah tersebut.

Pemerintah pusat pun telah menunjuk Kota Tangerang sebagai pilot project dalam penanganan sampah menggunakan energi baru terbarukan. Hal tersebut mendorong Kota Seribu Industri dan Jasa ini melakukan berbagai terobosan dalam mengatasi sampah.

Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sector dalam penanganan sampah pun telah menyusun program mengatasi sampah. Pada tahun 2019 mendatang, DLH akan membangun Intermedia Traitment Facility (ITF) dengan konsep 3R.

Alat pengolah sampah tersebut saat ini sedang dalam tahap pembangunan dan akan bisa mulai dioperasikan pada tahun mendatang di wilayah Jatiuwung. Nantinya alat tersebut bisa mengolah sampah dengan kapasitas puluhan ton.

Dika Agus Hermaji selaku Kepala Seksi Pengurangan Sampah DLH menjelaskan, ITF bisa mengolah sampah berbagai jenis seperti potongan kayu hingga sampah organik. "Ini bagian dari upaya kami dalam mengatasi sampah dengan alat yang ramah lingkungan," katanya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!