Kamis, 6 September 2018 00:00 WIB | Dibaca : 875
Festival Al-Azhom: Hijrah, Berkah dan Sejahtera
Festival Al-Azhom: Hijrah, Berkah dan Sejahtera
Festival Al-Azhom: Hijrah, Berkah dan Sejahtera

Setelah sukses menggelar Festival Cisadane 2018 yang berlangsung meriah dan semarak karena memadukan unsur kearifan lokal dan kemajuan teknologi melalui video mapping bahkan hingga kedatangan tamu pejabat dari Negara Melaka. Di awal bulan September ini, Pemerintah Kota Tangerang menggelar Festival Al-Azhom dalam rangka menyambut Tahun baru islam 1440 hijriah dengan tema "Hijrah Menuju Hidup Berkah".

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BPKRMI) diselenggarakan selama 13 hari mulai tanggal 10 September hingga 22 September 2018 di Masjid Raya Al-Azhom.

Event yang rutin dilakukan setiap menyambut tahun baru islam ini, sudah masuk tahun ketujuh dan menjadi bagian dari syiar islam dan juga program pariwisata yakni menuju Kota Layak Dikunjungi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Dedi Suhada mengatakan, Festival Al-Azhom adalah bagian dari cermin motto Kota Tangerang sebagai Kota Akhlakul Karimah.

Karena, tak hanya menampilkan hiburan semata tetapi juga mengangkat potensi Kota dan kearifan lokal melalui pemberdayaan UMKM yang berjualan, perlombaan ketangkasan yang mengedepankan pengetahuan dan kecerdasan anak dan pembentukan karakter umat melalui tausiyah rohani yang disampaikan tokoh dan alim ulama.

Untuk penampilan hiburan, Pemerintah Kota Tangerang telah memastikan jika grup musik religi Sabyan Gambus yang kini sedang populer akan memeriahkan Festival Al - Azhom ketujuh. Grup musik dengan vokalis Nissa Sabyan tersebut akan tampil pada tanggal 20 September 2018. Selain itu, ada juga grup musik religi lainnya yakni Debu dan Syubbanul Akhyar hingga Gambus El-Mahbub yang merupakan asal Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin beserta Fokopimda dipastikan akan hadir dalam pembukaan Festival Al - Azhom yang diawali dengan doa bersama penutup dan awal tahun setalah ba'da Ashar. Pada malam harinya, akan dilaksanakan pawai obor yang rencananya juga diikuti oleh Ustad Yusuf Mansyur dan peraih mendali emas dalam Asian Games yakni Rajiah Salsabillah.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang dan seluruh umat islam untuk bisa hadir dan mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang digelar. Pembangunan yang telah banyak dilakukan adalah keberkahan bagi kota ini dan patut kita syukuri bersama dalam perjalanan hidup untuk menjadi kesejahteraan. Semangat membangun kota pun semakin erat dengan persatuan dan kesatuan yang selalu terjalin," ujarnya.

Ketua Pelaksana Festival Al-Azhom 2018 Ahmad Tajudin menambahkan, jumlah pengunjung dalam Festival Al-Azhom diperkirakan mencapai 20.000 orang. Data tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, sebab banyak event menarik yang digelar pada tahun ini.

Masjid Raya Al-Azhom yang menjadi pusat kegiatan akan ditata sedemikian rupa dengan berbagai ornamen tambahan seperti Al-Quran raksasa hingga onta sehingga warga yang datang seperti berada di Negara Arab.

Kemudian, ada juga acara yang menyedot peserta banyak yakni Jalan Sehat Sarungan. Kegiatan yang akan dilaksanakan tanggal 16 September tersebut, diperkirakan akan diikuti ribuan masyarakat.

Hal tersebut berkaca dari kegiatan tahun sebelumnya. Berbagai persiapan pun sedang dilakukan agar peserta yang ikut bisa berjalan dengan nyaman dan lancar. Sebab, kegiatan yang diikuti oleh pejabat pemerintah kota tangerang juga, dilakukan syiar islam kepada masyarakat. "Akan banyak kejutan juga dalam kegiatan ini dan dipastikan akan memberikan hiburan pada warga yang hadir," ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!