Senin, 3 September 2018 00:00 WIB | Dibaca : 456
Kualitas Lingkungan Terselesaikan, Potensi Warga Terangkat
Kualitas Lingkungan Terselesaikan, Potensi Warga Terangkat
Kualitas Lingkungan Terselesaikan, Potensi Warga Terangkat

Program pembentukan kampung tematik di 104 Kelurahan Kota Tangerang memiliki manfaat dalam bidang ekosistem. Tak hanya pada lingkungan saja dilakukan penataan tetapi juga masyarakat yang tinggal.

Pasalnya, Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk dari adanya hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan yang saling timbal balik. Pada ekosistem tersebut, perkembangan organisme tersebut tumbuh secara bersama antara lingkungan dengan sistem yang ada.

Ada tiga manfaat dari bidang ekosistem dari terbentuknya Kampung Tematik di suatu wilayah. Pertama adalah untuk mengindentifikasi potensi dan permasalahan lingkungan pemukiman warga miskin.

Kedua adalah memetakan dan merumuskan penanganan permasalahan dan mengangkat potensi lingkungan dengan memberdayakan warga setempat. Ketiga adalah membenahi dan meningkatkan kualitas lingkungan padat kumuh dan miskin menjadi lebih baik dan tertata.

Kepala Bappeda Said Endrawiyanto menjelaskan, Kampung tematik juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan kemiskinan. Dari hasil penyusunan rencana, akan diketahui masalah di wilayah tersebut untuk kemudian di atasi. Diantaranya rumah tak layak huni untuk diperbaiki.

"Kita ada program bedah rumah dan ini bisa masuk dalam program ini ketika adanya rumah warga yang perlu dilakukan perbaikan menjadi rumah layak huni. Bidang ekosistem ini menyasar ke arah sana," paparnya.

Pembentukan kampung tematik ini pun akan melibatkan peran warga secara penuh. Pemerintah hanya merumuskan program untuk dieksekusi bersama. Karena warga lebih mengetahui lingkungannya sendiri.

Ketua RT 04 Kelurahan Gandasari Jatiuwung, Ari Purwanto mengatakan, Kampung Gandasari yang awalnya terlihat kumuh kini telah berubah menjadi asri dan berwarna. Bahkan, kampung yang berbatasan dengan Kabupaten Tangerang itu telah jadi tempat destinasi wisata baru.

Sebab, warga secara gotong royong memperbaiki itu semua. Rumah yang awalnya tak enak dipandang, kini sudah berubah menjadi warna warni. Pasalnya, warga yang memiliki keahlian dalam bidang menggambar, berhasil melukis lingkungan menjadi warna warni dan enak dipandang. "Kami bangga sekali, masyarakat di sini antusiasnya sangat tinggi dan bersemangat untuk menjadikan Gandasari ini ini indah, bersih dan nyaman," ujar Ari Purwanto.

Beberapa hasil karya warga yang telah menjadi berita nasional seperti Kampung Mural 3D dan Kampung Piala Dunia. Rencananya kedepan, pemerintah setempat akan menjadikan kampung mural Gandasari menjadi ikon Kota Tangerang dan daerah tujuan wisata baru di kota Tangerang. "Kampung tematik telah merubah lingkungan menjadi lebih baik dan warganya peduli," ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!