Senin, 27 Agustus 2018 00:00 WIB
270.000 Warga Nikmati Layanan UHC Kota Tangerang
270.000 Warga Nikmati Layanan UHC Kota Tangerang

Universal Health Coverage (UHC) adalah layanan kesehatan yang dibuat Pemerintah Kota Tangerang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk membantu meringankan beban masyarakat melalui pembayaran premi asuransi.

Sehingga, warga yang mengalami kendala mengenai pebayaran kesehatan karena belum memiliki asuransi BPJS Kesehatan, maka akan ditanggung melalui program ini. Adapun penerima layanan ini adalah yang masuk dalam kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan belum memiliki jaminan kesehatan apapun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadawi mengatakan, pelayanan ini secara resmi diluncurkan pada 28 Februari 2017 bersamaan dengan Ulang Tahun Kota Tangerang ke 25 Tahun.

Berdasarkan data yang dihimpun, hingga saat ini sudah ada 270.000 jiwa yang terdaftar sebagai peserta penerima bantuan iuran dalam program UHC. Jumlah tersebut merupakan hasil dari pendataan yang dilakukan oleh petugas melalui rumah sakit yang memberikan pelayanan.

Dr Liza menambahkan, program UHC dimaksudkan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat Kota Tangerang khususnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Sehingga, ketika mengalami masalah sakit dan terbentur dengan dana maka Pemkot akan membantu melalui program ini. "Jadi, kalau sakit jangan takut untuk berobat. Pemkot memberikan jaminan kesehatan sepenuhnya," ujarnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Kota Tangerang secara intensif telah secara prioritas menyediakan pelayanan kesehatan dari tingkat awal hingga akhir. Mulai dari menyediakan dokter keliling, puskesmas rawat inap setara rumah sakit, posyandu, RSUD Kota Tangerang, mobil ambulance gratis, layanan cepat respon kesehatan hingga program Kampung sehat melalui program PHBS.

"Kesehatan di mulai dari diri sendiri dan rumah. Maka itu, kita lakukan program dari tingkat awal dan menyediakan fasilitas pendukung untuk pelayanan yang dekat dan terjangkau," ujarnya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!