Kamis, 26 Juli 2018 00:00 WIB | Dibaca : 353
Rawat Satwa, Disbudpar Siagakan Tim Metazoa 25
Rawat Satwa, Disbudpar Siagakan Tim Metazoa 25

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyiagakan tim Metazoa 25. Mereka bertugas merawat dan menjaga satwa yang berada di Taman Kota Tangerang.

Kasie perencanaan pertamanan pada Disbudpar, Yulianto Wibisono mengatakan, Tim Metazoa 25 yang terdiri dari enam personil ini merupakan unit pemelihara satwa dibawah bidang pertamanan dan dekorasi Kota. Metazoa memiliki tugas utama untuk melestarikan dan melindungi satwa-satwa yang ada di taman seperti di Taman Burung dan taman Kunci.

"Pada pagi hari petugas melakukan pengecekan keadaan satwa. Bila menemukan satwa sakit atau mati, petugas segera melapor, Kemudian setelah melakukan pengecekan, petugas melakukan pembersihan pada tempat pakan, minum, serta area kandang," ujar Yulianto.

Setelah dibersihkan petugas akan menyiapkan pakan dan air minum untuk diberikan kepada satwa. Kawasan taman pun tak luput untuk dibersihkan sebelum menyambut kedatangan pengunjung.

"Area taman dibersihkan seperti menyapu, menyiram, serta memberikan desinfektan pada area kandang untuk menjaga kebersihan yang berpengaruh pada kesehatan satwa," ungkapnya.

Saat kedatangan pengunjung, Petugas Metazoa 25 mendampingi dan memberikan edukasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan satwa. Mulai dari jenis satwa, karakteristik satwa, cara berkembang biak, pakan yang diberikan, hingga tingkah laku dan kebiasaan satwa itu sendiri.

"Petugas juga melakukan pengobatan ataupun kegiatan pengecekan lebih lanjut terhadap satwa-satwa yang membutuhkan perhatian khusus seperti sedang sakit, sedang laktasi/menyusui, sedang bunting/hamil,"kata dia.

Selain menyiagakan Metazoa 25 dalam menjaga satwa, Disbudpar berkordinasi dengan tim dari Dinas Ketahanan Pangan. Mereka secara rutin memantau kesehatan serta memberikan vaksinasi kepada satwa.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!