Selasa, 15 Mei 2018 00:00 WIB
Kampung Herbal Ada di Gerendeng Pulo
Kampung Herbal Ada di Gerendeng Pulo
Kampung Herbal Ada di Gerendeng Pulo
Kampung Herbal Ada di Gerendeng Pulo
Kampung Herbal Ada di Gerendeng Pulo

Ada Kampung bekelir yang sudah lama dikenal, lalu kampung batik hingga kampung markisa. Kampung-kampung tematik terus bermunculan, kini hadir kampung herbal Gerendeng Pulo RW 09 Kelurahan Gerendeng menjadi destinasi wisata baru. Tempat ini sebelumnya adalah sebuah pemukiman yang cukup kumuh sekarang sudah dibenahi menjadi layak huni. Kampung ini juga termasuk kampung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Grenpul.

"Tujuannya adalah untuk menumbuhkembangkan budaya masyarakat akan pentingnya tanaman obat sebagai pencegahan dini terhadap penyakit sekaligus sebagai upaya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat secara mandiri terutama tanaman obat-obatan," kata hendry ketua pengurus kebun toga.

Ia menambahkan, herbal yang ada di wilayah tersebut bisa di tingkatkan sebagai tempat wisata edukasi bagi masyarakat. Pengunjung akan disuguhi dengan berbagai macam tanaman obat (TOGA) yang di racik menjadi jamu dan aromatherapy. "Untuk peningkatan penggunaan tanaman herbal dalam pengobatan kesehatan dapat menghilangkan beberapa penyakit seperti cape, masuk angin, banyak jenis tanaman herbal kurang lebih ada 100 disini, warga disana sudah menanam dan menggunakannya," tambahnya.

Lurah Gerendeng Nasron Azis Mufti mengatakan, dibentuk Kampung herbal ini adalah menghidupkan lahan kosong, serta menambah stok pangan warga sekitar dengan membangun sayuran hidroponik. “Kita ingin budaya hidup bersih dan sehat terus bisa di pertahankan,” ungkapnya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!