Sabtu, 21 April 2018 00:00 WIB
Pintu Air Poris Jaya Dibangun Jadi Kampung Wisata Air
Pintu Air Poris Jaya Dibangun Jadi Kampung Wisata Air
Pintu Air Poris Jaya Dibangun Jadi Kampung Wisata Air
Pintu Air Poris Jaya Dibangun Jadi Kampung Wisata Air

Lokasi Pintu Air Kali Apur dan Kali Baru di Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang,bakal ditata jadi destinasi Kampung Wisata Air. Pintu air yang dibangun masa kolonial Belanda itu dianggap seram oleh warga.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Kelurahan Poris Jaya dan Kelurahan Poris Gaga. Karena mau membangkitkan potensi lokal dengan membuat pintu air menjadi kampung wisata air. "Silahkan desainnya dibuat seperti apa," katanya usai melakukan penanaman pohon di Pintu Air Poris Gaga, Jumat (20/4/2018).

Menurutnya, soal penataan bisa dilakukan bersama instansi terkait. Dukungan swasta dan pastinya masyarakat setempat. Camat Batuceper Nurhidayatullah mengatakan,di wilayahnya banyak potensi yang harus dikembangkan.Potensi ini dikembangkan dengan bersama-sama. "Sehingga yang sebelumnya tidak ada jadi ada," katanya.

Kata dia, di Batuceper ada tiga destinasi wisata yang tengah dikembangkan. Seperti di Batusari, Kebon Besar, dan di Pintu Air yang masuk Kelurahan Poris Jaya dan Poris Gaga. Menurutnya, lokasi-lokasi ini merupakan usulan warga yang didukung pemerintah setempat.

Lurah Poris Jaya Budi Permana mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan pengerukan di aliran sungai Pintu Air. Kemudian penataan turap dan penambahan tanaman. "Setelah tertata kita lengkapi bebek-bebekan dan cafe di sekitarnya," katanya. Budi mengharapkan lokasi kampung wisata air Pintu Air bisa Dikelola masyarakat. Terutama para pemuda di sini. Merekalah awalnya mengusulkan lokasi ini agar dijadikan kampung wisata air.

Sementara, Muhasyim, tokoh masyarakat setempat, mengungkapkan lokasi pintu air cukup kumuh dan seram.Kumuh karena banyak sampah di lokasinya.

"Kalau seram karena tempatnya gelap dengan pepohonan," katanya.

Kata pria yang menjabat Ketua RT 03/01 Poris Jaya ini jembatan di Kali Apur juga sudah keropos. Sehingga bila dilalui bergetar. Kalau kurang berani tidak mau bakalan melintas.

Dirinya mendapat informasi dari sesepuh disini bahwa Pintu Air dibangun sekira 1917 atau 1918. Fungsi Pintu Air untuk mengairi persawahan di sekitarnya.Seiring persawahan menjadi kawasan perumahan maka Pintu Air jadi kurang terawat.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!