Selasa, 3 Oktober 2017 00:00 WIB | Dibaca : 329
Di Sekolah Ini, Para Murid Bisa Minum Langsung dari Keran
Di Sekolah Ini, Para Murid Bisa Minum Langsung dari Keran

Sejak sebulan terakhir, ratusan murid di SMP Negeri 9 Kota Tangerang mengaku gembira dan senang karena dapat meminum langsung air dari keran di sekolah mereka. Pasalnya,badan usaha milik daerah yang mengurus pasokan air bersih untuk Kota Tangerang, yakni PDAM TB telah memasang instalasi air bersih di sekolah yang memiliki luas 4442 meter persegi tersebut.

"Seneng banget, dengan adanya Keran air langsung minum ini otomatis mengurangi ongkos jajan kami. Dan kami cukup bawa gelas atau tempat minum di sekolah," ujar Hafiz (16), siswa kelas 9 yang ditemui di sekolah tersebut, Selasa (3/10/2017).

Hafiz mengaku, selama sebulan mengkonsumsi drinking water atau air langsung minum tidak memiliki keluhan apa apa. "Rasanya sama saja kayak air minum biasa. Dan selama mengkonsumsi Kran air langsung minum ini kami paa siswa di sini sehat sehat aja. Malah yang ada kami diuntungkan karena jajan jadi hemat," tuturnya.

SementaraKepala Sekolah SMP Negeri 9 Kota Tangerang, Widiana Rahmawati, menuturkan untuk mendapatkan instalasi drinking water pihaknya mengajukan proposal terlebih dahulu dengan disertai contoh air tanah di sekolah tersebut.

"Alhamdulilah karena air bagus dan layak digunakan maka kurang dari satu minggu oleh pihak PDAM TB langsung di pasang. Kemudian kami sosialisasikan ke siswa," tutur Widi sapaan akrab wanita berhijab ini.

Widi melanjutkan, pihaknya pun juga memperhatikan perawatan serta kebersihan keran air siap minum ini. Apalagi filtrasi selama enam bulan oleh pihak PDAM TB akan diganti. "Artinya Januari harus diganti. Dan yang jelasdengan keran air siap minum ini memudahkan siswa/i disekolah kami untuk dapat mengkonsumsi nya. Terlebih sangat saat tempat minum yang mereka bawa kehabisan air," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, keran air bersih siap minum ini sudah digunakan para murid, terutama mereka yang berolahraga siang. Para murid tampak terbiasa dengan fasilitas tersebut.

Keran air khusus minum ini tidak digunakan para murid untuk kegiatan lain, seperti cuci tangan atau kumur-kumur. SMPN 9 Kota Tangerang belum lama ini menjadi perwakilan salah satu sekolah Adiwiyata dalam penilaian tim FKTS provinsi Banten untuk tingkat nasional. Tak hanya itu, sekolah ini pun mengajarkan para siswa memanfaatkan botol bekas dan tutup bekas dengan membuat Green house.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!