Rabu, 16 Agustus 2017 00:00 WIB | Dibaca : 615
Siswa SDN Sangiang Jaya Rutin Buat Pupuk Kompos
Siswa SDN Sangiang Jaya Rutin Buat Pupuk Kompos
Siswa SDN Sangiang Jaya Rutin Buat Pupuk Kompos
Siswa SDN Sangiang Jaya Rutin Buat Pupuk Kompos

Para siswa SD Negeri Sangiang Jaya, Kecamatan Priuk Kota Tangerang rutin secara bersama-sama membuat pupuk kompos saat selesai kegiatan belajar mengajar.

Pupuk kompos yang dibuat para siswa, sebagian besar berbahan dasar dari tumbuh-tumbuhan yang layu disekitar sekolah.

Gusti (11), siswa kelas VI SD Negeri Sangiang Jaya mengaku dirinya tidak merasa jijik harus mengolah sampah menjadi kompos.

"Awal mula memang bau dari sampah yang dijadikan kompos sangatlah menyengat.

Bahkan mampu merangsek kedalam hidung meskipun menggunakan masker, tapi lambat laun kami mulai terbiasa dengan aroma tak sedap itu," ungkap bocah berbadan tegap itu.

Gusti menjelaskan, bagian tersulit membuat kompos adalah harus mencampur adukkan seluruh sampah organik menjadi satu dan dihaluskan.

"Setelah itu dimasukkan kedalam kompster. Nah biasanya jika orang yang tak tahan dengan baunya akan pingsan," tambahnya seraya berseloroh.

Sedangkan, Rifa'i (11) mengaku dengan memanfaatkan sampah organik yang ada dilingkungan sekolahnya menjadi pupuk bisa menambah uang jajan bagi mereka.

"Pupuk ini biasanya kalo sudah jadi banyak yang nyari. Sebagian besar untuk menyuburkan tanaman diwilayah rumah mereka masing masing," tukasnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!