Minggu, 23 Juli 2017 00:00 WIB | Dibaca : 867
Tangerang Otaku Community, Wadahnya Para Cosplayer
Tangerang Otaku Community, Wadahnya Para Cosplayer
Tangerang Otaku Community, Wadahnya Para Cosplayer

Berdandan nyentirk, serupa karakter animasi atau komik (manga) sudah pasti dia cosplayer. Cosplayer adalah istilah bagi orang yang hobi berkostum ala karakter dalam film animasi, komik (manga), maupun video games. Sedangkan seni berkostum ala film animasi biasanya disebut cosplay.

Di Kota Tangerang jumlah cosplayer cukup banyak. Mayoritas adalah para anak muda mulai dari sekolah, anak kuliahan hingga mereka yang sudah memasuki dunia kerja. Di Kota Tangerang, para cosplayer ini bahkan sudah tergabung dalam wadah bernama "Tangerang Otaku Community". Adapun basecamp komunitas ini berada di pusat perbelanjaan Tangerang City.

Selain para penggemar cosplay, komunitas ini berisi para penggemar game. Di Festival Cisadane 2017, komunitas ini juga tampil dan membuka stand. Mereka pun menampilkan karakter-karakter tertentu. Malahan cosplay juga menjadi salah satu materi lomba dalam ajang Festival Cisadane di hari pertama.

"Kalau untuk biasanya, kita membuat event. Nah, para cosplayer Jabodetabek ini biasanya kumpul buat kompetisi," ujar salah seorang anggota Tangerang Otaku Community, Aldy Kurniawan. Disinggung apa yang membuatnya hobi dengan cosplay, mahasiswa tingkat awal di salah satu perguruan tinggi ini mengaku hanya sekadar menyalurkan hobi.

"Ya, hobi saja, senang dengan karakter-karakter seperti di komik," ujarnya. Aldi sendiri mengaku sudah bergabung dalam Tangerang Otaku Community sejak kelas IX SMK. "Kalau total anggotanya kurang lebih 1.000 orang, tapi yang benar-benar aktif sekitar 100-an lah," jelasnya. Adapun untuk waktu berkumpul, Aldy mengaku tidak ada waktu khusus. "Biasanya kita ngadain event atau gethering seperti tahun lalu di Mazze Market. Kita kumpul ramai-ramai," jelasnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!