Rabu, 24 Mei 2017 00:00 WIB | Dibaca : 393
Bursa Kerja 2017 akan Digelar Usai Idul Fitri
Bursa Kerja 2017 akan Digelar Usai Idul Fitri
Bursa Kerja 2017 akan Digelar Usai Idul Fitri

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang berencana akan menggelar bursa kerja (job fair) usai hari raya Idul Fitri. Langkah itu ditempuh untuk menunggu sejumlah lulusan Sekolah Lanjutan Atas (SMA, SMK, dan MA).

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Tangerang, Dida Rusdiana. Ia mengatakan, meski jumlah pencari kerja melonjak pasca kelulusan, Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang belum akan melaksanakan bursa kerja dalam waktu dekat ini. "Usai Lebaran akan kita selenggarakan job fair," ujarnya.

Kepala Disnaker Kota Tangerang, Moch Rakhmansyah menambahkan bursa kerja terserbut direncakana akan diikuti 45 perusahaan dan 10 ribu pencaker. "Kenapa di bulan Juli, kita mengantisipasi, juga menunggu lulusan SLA, terutama SMK, atau juga SLA yang mungkin mau langsung kerja, sehingga job fair ini bisa menyambungkan pencari kerja dan pencari kerja," tandasnya.

Sementara, jumlah pemohon kartu kuning pasca kelulusan SMA/SMK/MA mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi sejak Mei ini. Permohonan kartu kuning didominasi pelajar tingkat SMA dan SMK yang baru lulus tahun ini. Staf Pelayanan Disnaker, Tamin mencatat, pascapengumuman kelulusan pada Selasa (2/5) lalu rata-rata pemohon meningkat setiap harinya.

Tamin menjelaskan, biasanya dia melayani sekitr 30 sampai 50 peserta di hari biasa, namun di hari pascakelulusan pihaknya menerima sekitar 100 pemohon lebih. Pelayanan pembuatan Kartu Pencaker dibuka mulai pukul 8.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Tamin mengatakan, pemohon tidak dikenakan biaya sepeser pun untuk pembuatan kartu tersebut. Pemohon, lanjutnya, cukup melengkapi persyaratan berupa bukti kelulusan, KTP Kota Tangerang, dan pas foto ukuran 3 kali 4 sebanyak 2 lembar. Proses pembuatan kartu kuning teresebut bisa selesai dalam satu hari.

"Gratis, enggak ada pungutan apa pun," tegas Tamin.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!