Kamis, 6 April 2017 00:00 WIB | Dibaca : 992
Sedekah Sampah, Program Baru Tapi Langsung Terasa
Sedekah Sampah, Program Baru Tapi Langsung Terasa

Beragam cara dilakukan untuk mengurangi sampah di Kota Tangerang. Salah satunya dengan Program Sedekah Sampah yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.

Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Buce Gartina mengatakan, program sedekah sampah memang terbilang baru, tapi hasilnya sangat luar biasa sekali. “Sampah rumah tangga atau yang biasa disebut sampah domestik ini bisa dipilah yang selanjutnya bisa disedekahkan di masing-masing wilayahnya,” kata Buce.

Buce menambahkan, sampah yang disedekahkan merupakan sampah anorganik. Dimana, masyarakat bisa langsung datang ke lokasi maupun bisa langsung menghubungi petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang. “Masyarakat bisa menyumbangkan sampah yang mereka miliki dengan menabung di bank sampah dan hasil tabungan tersebut untuk selanjutnya disampaikan ke Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA),” pungkasnya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, gerakan sosial yang juga bertujuan untuk mengurangi volume sampah di Kota Tangerang tersebut diharapkan mampu menggerakkan kelompok-kelompok masyarakat dan juga individu untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

Pasalnya, melalui gerakan peduli sampah masyarakat selain dapat membantu pengelolaan sampah di lingkungannya juga dapat beramal dengan menyumbangkan sampah yang dimilikinya ke BAZDA melalui bank sampah yang ada di sekitar rumahnya. Program sedekah sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!