Sabtu, 18 Februari 2017 00:00 WIB | Dibaca : 619
Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gelar Sosialisasi Pertukaran Pemuda
Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gelar Sosialisasi Pertukaran Pemuda
Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gelar Sosialisasi Pertukaran Pemuda
Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gelar Sosialisasi Pertukaran Pemuda

Kabar gembira untuk pemuda-pemudi di Kota Tangerang. Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) kini tengah membuka kesempatan bagi pemuda-pemudi berprestasi untuk mengikuti kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Pertukaran Pemuda Antar Daerah (PPAD) dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN).Pada Sabtu (18/2/2017) Dispora pun telah melakukan sosialisasi terkait hal ini. Sosialisasi diikuti kurang lebih 40 orang, perwakilan dari kecamatan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) perguruan tinggi se Kota Tangerang serta sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) dan KNPI. Mewakili Pemkot, hadir Sekretaris Dispora Wahyudi Iskandar, Kabid Kepemudaan Achmad Suhaely dan dari Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Kota Tangerang, Sulton.Dalam pemaparannya, Achmad Suhaely menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu fasilitasi dari Dispora terkait program yang diselenggarakan oleh Kemenpora. "Kegiatan pertukaran pemuda ini setiap tahun rutin dilaksanakan dan seleksinya berjenjang mulai kota/kabupaten, provinsi dan Kemenpora," ujarnya.Adapun rangkaiannya katanya sudah dimulai sejak 13 Februari-7 Maret yang diawali dengan pembukaan pendaftaran yang dinyatakan terbuka untuk seluruh pemuda Kota Tangerang. "Sampai kemarin, sudah masuk formulir pendaftaran mencapai 26 orang. Adapun target yang coba ditetapkan 80 orang," jelasnya.Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah para peserta harus sehat jasmani dan rohani. "Terlebih bagi yang ingin mengikuti Kapal Pemuda Nusantara, sebab ini yang paling spesial lantaran bakal mengunjungi daerah-daerah lain di Indonesia yang akhirnya berujung pada kegiatan sail.

"Ini (KPN) yang paling seru, karena nantinya mereka turut memeriahkan kegiatan sail. Tapi hal ini memerlukan kemampuan fisik yang cukup memadai sebab akan berada di kapal kurang lebih sebulan," jelasnya. Sementara untuk kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Negara yang paling pokok lainnya tentu saja harus mengusai Bahasa Inggris. TOEFL peserta minimal 500.

Untuk seleksi peserta katanya, akan dilaksanakan pada 11-12 Maret. "Nah, yang terpilih nantinya akan diberi pembekalan mengenai tips, untuk lulus di tingkat provinsi," jelasnya. Sementara, Sekretaris Dispora Wahyudi Iskandar mengatakan, salah satu tujuan diadakan kegiatan ini adalah terbangunnya jaringan komunikasi dan informasi dan bisa mencetak kader-kader pemimpin ke depan."Kenapa demikian, karena untuk ikut dalam event ini tidak gampang, banyak syaratnya, karena itu siapkan diri kalian" jelasnya. Selain itu, ia juga mengharapkan agar mereka yang mendaftar membekali diri dengan pengetahuan tentang kondisi Kota Tangerag, provinisi maupun Nusantara. "Mulai dari pengetahuan sosial, politik maupun lainnya. Sebab adik-adik yang mendaftar adalah sebagai delegasi atau duta dari Kota Tangerang untuk Indonesia,"jelasnya. Karenanya, siapa pun yang terpilih harus betul-betul mengenal kondisi kearifan lokal Kota Tangerang. "Selain itu, harus percaya diri dan tunjukkan bakat yang dimiliki. Serta tak kalah penting harus yakin dan semangat," jelasnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!