Rabu, 18 Januari 2017 00:00 WIB | Dibaca : 732
Tradisi Pasang Nama di 1000 Patung Dewa
Tradisi Pasang Nama di 1000 Patung Dewa
Tradisi Pasang Nama di 1000 Patung Dewa

Tangerang– Selalu ada yang menarik menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. Mulai dari ratusan lampion merah, ritual memandikan patung dewa, hingga ceng sing yie atau dewa uang.

Tidak hanya itu, menjelang Imlek ke-2568, umat Vihara Nimala Klenteng Boen San Bio sudah berbondong-bondong memasangkan namanya di kotak patung dewa atau yang dikenal Kimsin. Hal tersebut dipercayai dapat mendatangkan keajaiban di tahun yang akan datang.

Diketahui, di Vihara Nimala Klenteng Boen San Bio terdapat 1000 kotak patung dewa yang dipajang disisi kanan dan kirinya pada altar nomor 4. Sinarwaty, salah satu petugas Klenteng Bin San Bio menuturkan hal itu memang salah satu ritual yang dipercayai umat Tionghoa untuk mendatangkan keajaiban baru di kehidupan.

“Memasang nama di Kimsin memang tidak hanya menjelang Imlek saja. Setiap saat umat bisa memasangnya, namun ratusan umat yang akan hadir di perayaan Imlek meyakini akan lebih bermakna. Semakin banyak yang doain semakin baik keajaiban yang akan kita dapati,” jelas Sinar, Rabu (18/1).

Ia pun menjelaskan, 1000 Kimsin tersebut terdapat patung dewa Tai Shang Lao Jun. Merupakan dewa tertinggi dari semua dewa dewi yang ada dalam agama Tionghoa. Kata Sinar, sejar singkat sang dewa ialah ibunya yang menjadi hamil setelah intisari hati matahari yang berupa bintang, Masuk ke dalam mulut sang ibu. Kehamilan sang ibu pun berlangsung hingga 72 tahun lamanya.

Keajaiban yang datang biasanya berupa masa transisi baru sebuah kehidupan yang lebih baik. Sesuatu hal yang selama ini didambakan namun belum terkabulkan. Hingga kehidupan yang lebih diberkahi dan dimudahkan perjalananya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!