Rabu, 29 Juni 2016 00:00 WIB | Dibaca : 602
Pembibitan Rumput Golf Di TPA Rawa Kucing Terus Diperluas
Pembibitan Rumput Golf Di TPA Rawa Kucing Terus Diperluas
Pembibitan Rumput Golf Di TPA Rawa Kucing Terus Diperluas

Kurang lebih empat bulan pasca pembibitan rumput golf, kondisi Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari nampak makin hijau. Karenanya, direncanakan hal itu akan dikembangkan lebih lanjut ke area yang lain agar semakin luas.

Saat ini, di lokasi pembibitan padang golf itu nampak makin asri. Tidak ada kesan bahwa tempat tersebut adalah TPA. Malah sebaliknya, malah berubah menjadi taman. Di kanan kiri, yang nampak hanya pepohonan hijau dengan jalan setapak berkonblok. Dan yang pasti, tidak tercium aroma tidak sedap meski kita sejatinya berada di tengah area TPA.

"Untuk yang pembibitan rumput padang golf tersebut akan kita lebarkan lagi," jelas petugas TPA di sana, H. Mamat. Saat ini luas yang dijadikan lokasi pembibitan padang golf kurang lebih 20 meter persegi. Adapun untuk umur rumput, rata-rata antara 2 bulan sampai 4 bulan. "Nanti kalau sudah berusia 6 bulan biasanya langsung kita ganti," jelasnya.

Selain itu, untuk menjaga agar rumput golf itu tetap terlihat indah, maka rumput-rumput jenis lain yang ikut tumbuh biasanya langsung dicabut. Sebab selain tidak enak dilihat, juga dikhawatirkan bersifat gulma. "Mending memang langsung dibersihkan," jelasnya. Selain pembibitan rumput golf, di sana juga tumbuh tanaman lain, mulai dari bunga sampai pembibitan tanaman baru. Pemkot Tangerang sendiri memang bertekat menjadikan TPA Rawa Kucing sebagai taman edukasi dan rekreasi bagi warga Tangerang. Sebab, akan ada penambahan jenis pepohonan dan lahan yang akan dibangun menjadi area belajar.

Selain mengubah citra TPA, adanya taman ini untuk bisa menjadi area resapan bagi polusi udara. Meskipun bisa berkontribusi amat banyak, tapi bisa jadi lebih berkurang. Adapun ide dasar pembuatan taman ini adalah memanfaatkan lahan yang selama ini terbengkalai. Lahan sampah tersebut kemudian dialihfungsikan menjadi taman dan fasilitas lainnya. Tak cuma jenis flora, TPA Rawa Kucing juga memiliki jenis fauna yang cukup langka yakni, Burung Kasuari. Burung ini bahkan langsung didatangkan dari Papua. Adapula kolam di mana beberapa waktu lalu sempat dijadikan tempat pemancingan.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!