Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen meningkatkan pelayanan publik dan efisiensi kerja aparatur melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) versi 2. Hal tersebut disampaikan dalam acara launching SPBE Ver.2 dan penandatanganan implementasi komitmen bersama SPBE, yang berlangsung di Tangerang Live Room (TLR), Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (25/11).
Dalam kesempatannya, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menyampaikan langkah ini menjadi bagian dari reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.
“Kita ingin pelayanan publik menjadi semakin baik dan cara kerja aparatur lebih efisien. SPBE versi 2 ini hadir sebagai bentuk pembaruan, mengintegrasikan berbagai sistem layanan untuk memberikan kemudahan pada era digitalisasi. Ini adalah komitmen kami untuk menghadirkan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan berkualitas," ungkap Dr. Nurdin.
Implementasi SPBE Ver.2, lanjut Pj Wali Kota, diharapkan dapat memantapkan Kota Tangerang sebagai kota berkonsep smart city yang menjadi rujukan bagi daerah lain. SPBE Ver.2 tidak hanya menekankan pada kemudahan akses dan integrasi layanan, tetapi juga memastikan keamanan informasi berbasis elektronik.
“Berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkot Tangerang merupakan bukti nyata dari semangat inovasi dan kolaborasi. Tantangan yang ada di tengah kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, kami jawab dengan langkah-langkah yang terencana dan berdampak nyata serta memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat Kota Tangerang," ungkapnya.
Disamping itu, Pj Wali Kota Tangerang, juga mengapresiasi seluruh pihak yang terus berinovasi, memastikan pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar kebutuhan masyarakat. Pj menekankan pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan kolaborasi antar unit kerja untuk mendukung keberhasilan implementasi SPBE Ver.2.
“Kita tidak boleh berpuas diri. SPBE ini adalah tantangan sekaligus peluang untuk mendorong efisiensi birokrasi, agar semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan, serta menjadikan Kota Tangerang yang semakin unggul dalam memberikan pelayanan publik,” tutupnya.