Senin, 23 September 2024 14:56 WIB | Dibaca : 66
Pemkot Tangerang Gelar Sosialisasi Kampung Iklim Tahun 2024
Pemkot Tangerang Gelar Sosialisasi Kampung Iklim Tahun 2024
Pemkot Tangerang Gelar Sosialisasi Kampung Iklim Tahun 2024

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru saja menggelar Sosialisasi Kampung Iklim Kota Tangerang Tahun 2024. Berjalan interaktif, sosialisasi tersebut diikuti oleh semua penggerak Program Kampung Iklim (Proklim) dari seluruh wilayah di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Wawan Fauzi menuturkan, sosialisasi ini merupakan upaya strategis dalam meningkatkan program pengendalian iklim dan lingkungan yang selama ini telah berjalan di Kota Tangerang. Terlebih, Kota Tangerang selama ini telah diakui sebagai salah satu daerah yang berhasil mengembangkan Proklim secara masif dengan 478 kampung pembinaan yang telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami baru saja melakukan kegiatan sosialisasi dalam rangka persiapan pembinaan lebih lanjut untuk 31 kawasan (RW) yang sedang disiapkan agar dapat dikategorikan sebagai kampung iklim baru dari Kota Tangerang,” ujar Wawan, Senin (23/9/24).

Analis Adaptasi Dampak Perubahan Iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Sugiatmo menambahkan, sosialisasi tersebut juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengintegrasikan program-program pengendalian perubahan iklim dapat berjalan secara lebih maksimal.

Tidak hanya itu, sosialisasi tersebut juga menjadi momentum bagi Pemkot Tangerang untuk mulai melakukan proses rekonseptualisasi dari kampung iklim berbasis administrasi menjadi berbasis komunitas dengan cakupan sasaran yang lebih luas.

“Sosialisasi kali ini juga menjadi edukasi pembinaan kepada masyarakat tentang aksi-aksi keberlanjutan yang dapat dilakukan di kampung iklim, sekaligus sosialisasi ini sangat penting untuk menjaga dampak perubahan iklim serta penurunan efek gas rumah kaca yang terjadi di Kota Tangerang,” tambah Sugiatmo yang sekaligus menjadi narasumber dalam sosialiasi siang tadi.

Selain itu, sosialisasi tersebut diharapkan dapat mendorong efektivitas pengembangan kampung iklim untuk mewujudkan program mitigasi perubahan iklim di Kota Tangerang dapat berjalan secara lebih maksimal.

“Kami berharap sosialiasi ini juga menjadi langkah yang bagus untuk mendorong semua wilayah (RW) di Kota Tangerang dapat mulai menerapkan program kampung iklim di wilayahnya masing-masing sehingga mampu menciptakan ketahanan masyarakat dalam menghadapi tantangan perubahan iklim ke depan,” pungkasnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!