Jumat, 20 September 2024 20:03 WIB | Dibaca : 17
DPAD Kota Tangerang Lakukan Pelatihan Batik Ecoprint di Perpustakaan Si Atang
DPAD Kota Tangerang Lakukan Pelatihan Batik Ecoprint di Perpustakaan Si Atang
DPAD Kota Tangerang Lakukan Pelatihan Batik Ecoprint di Perpustakaan Si Atang

Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dinas Perpustakaan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang terus melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan SDM di lingkungan perpustakaan di Kota Tangerang.

Salah satunya, terlihat di Perpustakaan Si Atang, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang yang melakukan pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint, Jumat (20/9/24). Kepala DPAD Kota Tangerang Engkos Zarkasyi menuturkan, kegiatan ini sebagai langkah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Perpustakaan telah bertransformasi sebagai pusat kegiatan masyarakat yang transfer of knowledge atau metode praktis untuk mentransfer pengetahuan dari satu bagian bisnis kebagian lainnya,” kata Engkos.

“Perpustakaan bukan lagi sekadar tempat hanya meminjam buku, perpustakaan telah bertansformasi menjadi pusat berkegiatan masyarakat dan transfer ilmu pengetahuan,” tambahnya.

Kata Engkos, pelatihan ini juga bersifat berkelanjutan, artinya akan digelar dalam beberapa kali pertemuan ke depan. Terlihat, masyarakat sekitar telah sangat antusias memanfaatkan ruang belajar yang disediakan melalui kegiatan ini

“Mulai dari bedah buku dan pemberian pelatihan pengantar mengenai ecoprint, dilanjutkan praktik pembuatan ecoprint secara langsung, serta terdapat juga praktik lanjutan dan pengembangan ecoprint menjadi barang yang bernilai ekonomis,” katanya.

Ia berharap, lewat pelatihan batik ecoprint ini, dapat menambah kebutuhan produktivitas masyarakat. Terlebih, menjadi peluang kreativitas dan bisnis baru masyarakat di wilayah Kampung Si Atang.

“Melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat sekitar. Serta, mendorong kreativitas masyarakat untuk memanfaatkan peluang yang ada menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi, salah satunya dengan pemanfaatkan ecoprint secara optimal,” tutupnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!