Rabu, 18 September 2024 16:45 WIB | Dibaca : 101
Diganjar Penghargaan dari Adinkes, Ini Program Unggulan Penanggulangan AIDS, TBC dan Malaria di Kota Tangerang
Diganjar Penghargaan dari Adinkes, Ini Program Unggulan Penanggulangan AIDS, TBC dan Malaria di Kota Tangerang
Diganjar Penghargaan dari Adinkes, Ini Program Unggulan Penanggulangan AIDS, TBC dan Malaria di Kota Tangerang

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) baru saja menerima penghargaan Penanggulangan AIDS-Tuberkulosis-Malaria (ATM) tahun 2024 dari Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes), yang diserahkan oleh Pj Gubernur Sumatera Selatan Elen Setiadi kepada Pj Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin, di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (17/9) kemarin.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menuturkan, penghargaan ini sebagai bukti nyata Pemkot Tangerang menjaga, mengawasi dan mengedukasi kesehatan masyarakat. Terlebih, melindungi masyarakat dari ancaman penyakit menular.

"Ini hasil dari dukungan multisektor dalam penanggulangan penyakit menular khususnya AIDS TBC Malaria. Di mana penyakit tersebut masih sering menjadi stigma dan diskriminasi di masyarakat sehingga menghambat upaya penanggulangan," jelas dr. Dini, Rabu (18/9/24).

"Namun Kota Tangerang dengan ini dinilai cukup baik dalam melibatkan banyak pihak bahkan dengan dukungan CSR dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit tersebut," tambahnya.

Ia pun menjelaskan, upaya yang dilakukan dalam penyakit AIDS di Kota Tangerang ialah, adanya Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penanggulangan HIV AIDS, menyediakan 37 puskesmas dan satu klinik swasta yang mampu melakukan konseling testing hingga pengobatan.

"Tersedianya 34 RS untuk konseling dan testing HIV, 10 RS untuk konseling, testing dan pengobatan, rutin jejaring skrining, sifilis, hepatitis B, memiliki kader penelusuran hingga tersedianya pemeriksaan laboratorium penunjang CD4 dan voral load," jelasnya.

Terkait Tuberkulosis, kata dr. Dini, Kota Tangerang memiliki Perwal Nomor 77 tahun 2022 tentang Penanggulangan TBC, Kepwal Tim Percepatan Eliminasi TBC, skrining TBC menggunakan aplikasi Ransel TBC, skrining TBC pada populasi spesifik dengan kolaborasi multisektor, jejaring laboratorium pemeriksaan tes cepat molekuler.

"Skrining dan pengobatan TBC di puskesmas, rumah sakit dan klinik BPJS, tersedianya Kader Asmara TBC, pembelian makanan tambahan bagi pasien TBC dan skrining menggunakan xray," papar dr. Dini.

Sementara itu, untuk Malaria, kata dr. Dini Kota Tangerang memiliki Perwal tentang Pemeriliharaan Eliminasi Malaria, Surveilans Migrasi terhadap TNI yang kembali dari penugasan di daerah endemis, dan pemantauan jentik.

"Semoga dengan penghargaan ini, dapat memperkokoh semangat semua pihak untuk sama-sama menyelesaikan permasalahan kesehatan di Kota Tangerang. Serta, ragam program pelayanan kesehatan dapat kian dikenal dan dimanfaatkan seluruh masyarakat," harapnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!