Sabtu, 14 September 2024 23:01 WIB | Dibaca : 98
Bangga! Posyandu Bungur 1 Kota Tangerang Raih Penghargaan dari Kemenkes RI
Bangga! Posyandu Bungur 1 Kota Tangerang Raih Penghargaan dari Kemenkes RI
Bangga! Posyandu Bungur 1 Kota Tangerang Raih Penghargaan dari Kemenkes RI

Posyandu Bungur 1, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang meraih penghargaan Kategori Posyandu Berprestasi Bidang Kesehatan Tahun 2024 dari Kementerian Kesehatan dalam acara Jambore Nasional di Bandung, Sabtu (14/9/24). 

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan diterima Ketua Posyandu Bungur 1 Sami Irma Lydiawati. 

"Terima kasih atas kerja keras dan kerja sama semua pihak dalam segala kegiatan yang berlangsung di Posyandu Bungur 1. Prestasi ini menjadi bukti kekompakkan kolaborasi kita semua untuk menciptakan kemajuan dunia kesehatan di Kota Tangerang, khususnya di wilayah Posyandu Bungur 1," ungkap Irma, saat dihubungi. 

Ia pun menjelaskan, program yang dihadirkan Posyandu Bungur 1 sehingga mendapat penghargaan ini, ialah pencegahan stunting dengan sederet inovasinya. Mulai dari program Pemberian Makanan Tambahan Tang Ting Tung atau Cegah Stunting dengan Telur dan Jagung. 

"Selain itu, Posyandu Bungur 1 juga punya program roadshow menyusui, rutin gelar seminar atau sosialisasi cegah stunting, Kunjungan Rumah Balita (Kurama), Posyandu Remaja Asyik (Posresik), hingga aktif dengan Juru Pemantau Jentik (Jumantik)," jelas Irma. 

Lanjutnya, program inovasi lainnya yang cukup menonjol atau berbeda adalah Jemput Balita Datang ke Posyandu (Jelita Dapos). Yakni, menyisir door to door untuk mengajak dan membawa ibu dan para balita ke posyandu. 

Ada juga, Call Center Ambulans untuk Kelas Ibu Hamil Siap Melahirkan atau Tanggap Labu Siam. "Yaitu, posyandu tak soal ukur dan pantau pertumbuhan bayi atau balita. Tapi keberadaannya sudah dipercaya oleh para orang tua mulai dari proses melahirkan. Yakni, posyandu siap siaga," tutur Irma. 

"Program lainnya, ada juga Gerakan Menanam Toga (Gemato) dan Kumpulan Dana Kasih Sayang (Kuda Kayang)," tambahnya. 

Kata Irma, prestasi ini diraih dengan proses panjang, menjalankan seluruh program secara konsisten selama dua tahun terakhir. Menggunakan data yang akurat by name by address, Posyandu Bungur 1 tidak memiliki kasus anak stunting atau kekurangan gizi. 

"Posyandu Bungur 1 dengan 14 kader atau anggota posyandu, kini akan terus berkomitmen memberikan yang terbaik untuk kemajuan dunia kesehatan Kota Tangerang. Baik urusan stunting maupun lainnya," tutup Irma.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!