Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Kecamatan Pinang menggelar Safari Pelayanan yang dilaksanakan di Kelurahan Pakojan, Selasa (10/9/24).
Camat Pinang Syarifudin Harjawinata menjelaskan, Safari Pelayanan yang dilaksanakan kali ini meliputi pelayanan perekaman KTP-el, pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), dan pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).
“Alhamdulillah, Safari Pelayanan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Pinang di Kelurahan Pakojan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami serta dapat mempermudah dan membantu masyarakat untuk membuat keadministrasian tanpa harus ke kantor kecamatan, tetapi kami yang langsung datang,” ujarnya.
Diketahui, Safari Pelayanan rutin dilakukan oleh Kecamatan Pinang setiap hari Selasa di setiap minggunya, dengan menyasar kelurahan yang berbeda.
Ia berharap, dengan adanya Safari Pelayanan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk mendekatkan dan mempercepat pelayanan adminduk. Yakni dengan melaksanakan pelayanan langsung di tempat terutama bagi masyarakat, di wilayah yang sedikit jauh dari akses pelayanan.
“Jadi ayo seluruh masyarakat Kecamatan Pinang, untuk memanfaatkan Safari Pelayanan di wilayahnya masing-masing. Diimbau, untuk seluruh warga Kecamatan Pinang dapat tertib administrasi dengan seluruh kemudahan pelayanan yang diberikan,” imbaunya.
Sementara itu, Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Pinang Fipit Patmawati menjelaskan, untuk Perekaman baru E-KTP di Kecamatan Pinang sehari bisa mencapai 80-90 Pemohon dan dapat jadi hanya dengan estimasi waktu selama 14 hari kerja.
“Masyarakat di Kecamatan Pinang saat ini mereka sudah melek dan tertib administrasi, terbukti per harinya pelayanan yang cukup ramai. Pelayanan yang dihadirkan kami juga terhitung cepat,“ ujarnya.