Jumat, 16 Agustus 2024 16:18 WIB | Dibaca : 489
Dinkes Kota Tangerang Berikan Tips Terhindar dari Penyakit TBC
Dinkes Kota Tangerang Berikan Tips Terhindar dari Penyakit TBC

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni memberikan sejumlah tips untuk mencegah tuberkulosis. Yakni, dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara berolahraga serta makan-makanan yang bergizi.

“Makanan yang dikonsumsi berupa buah, sayur, lauk yang mengandung cukup karbohidrat dan protein. Selain itu, menghindari rokok,” jelas dr. Dini, Jumat (16/8/24)

Ia pun menjelaskan, TBC adalah penyakit yang dibawa oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang menular lewat udara. Kemudian, terhirup melalui hidung dan mulut, sebelum akhirnya ke paru-paru. Setelah itu, bakteri tersebut dimakan oleh sel darah putih.

“Ada kemungkinan yaitu pertama apabila daya tahan tubuhnya bagus, maka bakteri tersebut mati. Kemungkinan kedua, bakteri tersebut hidup dorman di dalam tubuh yang selanjutnya disebut sebagai TB laten. Ketiga, sistem kekebalan tubuhnya tidak mampu melawan bakterinya. Sehingga, berkembang biak dalam tubuh dan menyebabkan sakit TBC,” papar dr. Dini.

Dengan itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan TBC bagi yang bukan pasien TBC. Berikut cara mencegah penularan TBC bagi yang bukan pasien TBC:

1. Membiasakan hidup sehat seperti tidak merokok

2. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

3. Memastikan sinar matahari dan sirkulasi udara masuk ke rumah tempat tinggal

4. Buka jendela setiap pagi secara teratur dan menjemur kasur, tikar atau karpet agar tidak lembab

5. Berolahraga teratur cukup istirahat dan tidak tidur larut malam

6. Tidak membuang dahak sembarangan, buanglah dahak pada tempat khusus seperti lubang wc atau westafel dengan air mengalir

7. Konsumsi obat terapi pencegahan TBC untuk yang kontak erat dengan pasien TBC serta kelompok yang berisiko tinggi terkena TBC. Seperti orang dengan hemodialisa, ODHA dan lainnya.

Ia pun mengimbau, para orang tua di Kota Tangerang untuk memberikan bayi-bayi yang berusia kurang dari tiga bulan vaksin BCG. Yakni, vaksin yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap TBC. Vaksin ini sangat bermanfaat untuk mencegah TBC berat, seperti TBC milier atau TBC meningitis.

“Bagi penderita TBC, juga diimbau untuk perlu memakai masker atau menutup mulut saat batuk memakai tisu atau siku. Selain itu, membuang tisu tersebut di tempat sampah dan tidak sembarangan. Terus setelah itu, pastikan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun,” tutup dr. Dini.



kota tangerang #Smart Living

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!