Rabu, 26 Juni 2024 14:34 WIB | Dibaca : 100
Berdayakan Inovasi Berbasis Lingkungan, Kelurahan Alam Jaya Kota Tangerang Raih Penghargaan

Baru-baru ini, Kelurahan Alam Jaya baru saja menerima penghargaan sebagai Kelurahan Terbaik II Kota Tangerang tahun 2024. Tidak heran, Kelurahan Alam Jaya selama ini dikenal sebagai kelurahan yang kaya program inovasi di bidang pengembangan Kampung Iklim (Proklim) di Kota Tangerang.

Lurah Alam Jaya Herlan Fedrika menuturkan, Kelurahan Alam Jaya selama ini berhasil merangkul gotong royong masyarakat dalam mengembangkan program inovasi, terutama Proklim yang telah lama menjadi bidang unggulan di kelurahan tersebut.

Beberapa program inovasi tersebut, meliputi Kampung Tematik Naga Sakti, Pondang (Pembuatan Pot Tanaman Daur Ulang), Purati (Program untuk Kerja Bakti), Kasih (Sedekah Oksigen dan Hijau), sampai tiga gerakan sadar lingkungan yang selama masif diterapkan, seperti Ontel (One Tree, One Life), Gemar Pare (Gerakan Menyiram Pagi Sore), sampai Kabehan (Kegiatan Bersih-bersih Lingkungan).

“Kami bersama seluruh elemen masyarakat selama ini terus berupaya mendorong inovasi-inovasi terbaru untuk kemajuan di lingkungan kelurahan. Tidak hanya merawat program rutinan, kami bersama masyarakat bahkan berhasil melahirkan produk jamu toga bertajuk 'Genta Jamugi' sejak tahun 2019 silam,” ujar Herlan, Kamis (26/6/24).

Ia melanjutkan, program inovasi di bidang pengembangan Proklim tersebut berhasil mengantarkan Kelurahan Alam Jaya penghargaan bergengsi dari tahun ke tahun, mulai dari Juara II Kampung Tematik Kota Tangerang, Juara II Kantor Kelurahan Sehat Kota Tangerang, sampai yang paling prestisius menerima Penghargaan Proklim Lestari Tingkat Nasional.

“Kami juga mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam menyukseskan program inovasi tersebut, lewatnya tidak hanya membuahkan penghargaan, namun juga berhasil memberdayakan kreativitas dan ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!