Senin, 10 Juni 2024 16:28 WIB | Dibaca : 1048
Mengenal Azzam dan Zuyyin, Adik Kakak Atlet Tenis Lapangan Kota Tangerang di POPDA XI Banten
Mengenal Azzam dan Zuyyin, Adik Kakak Atlet Tenis Lapangan Kota Tangerang di POPDA XI Banten
Mengenal Azzam dan Zuyyin, Adik Kakak Atlet Tenis Lapangan Kota Tangerang di POPDA XI Banten
Mengenal Azzam dan Zuyyin, Adik Kakak Atlet Tenis Lapangan Kota Tangerang di POPDA XI Banten

Kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten di Kota Tangerang tengah berlangsung. Menariknya terdapat kakak-adik yang tergabung dalam kontingen cabor tenis lapangan Kota Tangerang.

Azzam Khairi Zhafir (14) dan Zuyyin Nur Husnina (10). Keduanya perdana mengikuti POPDA membela Kota Tangerang

Azzam mengatakan, telah mengenal tenis lapangan sejak usia 4 tahun dari sang ayah yang hobi berolahraga sama. 

"Kalau dulu sekadar have fun aja karena sering ikut papa latihan tenis lapangan, mulai serius dan fokus menjadi atlet mulai tahun 2020," ujar siswa kelas 2 SMPN 24 Kota Tangerang ini.

Menurut Azzam, tenis lapangan olahraga bergengsi yang masih jarang diminati oleh masyarakat.

"Persaingannya enggak terlalu banyak seperti olahraga yang lain dan jenjang prestasinya lebih mudah untuk ke tingkat internasional," katanya.

Lebih jauh Azzam mengungkapkan, olahraga tenis lapangan dapat ditekuni oleh siapa saja asalkan memiliki kemauan dari dalam diri sendiri. Ia pun sering mengajak teman-temannya untuk terjun di olahraga tenis.

"Sering ajak teman nonton latihan tenis, minimal kenal dulu olahraga tenis, terus juga sering live di medsos dan bagikan aktivitas tenis di youtube," ujarnya.

Dikatakannya, olahraga tenis yang ditekuninya memberikan manfaat kesehatan. "Pertama jadi jarang sakit, saya ada asma, sekarang asma udah jarang kambuh, tenis menjaga kesehatan jadi punya imunitas agar tidak mudah sakit," ujarnya.

Azzam pertama kalinya mengikuti kejuaraan di usia 9 tahun. Sampai dengan saat ini telah mengikuti dan berprestasi di berbagai kejuaraan baik di tingkat daerah, nasional hingga internasional. 

"November 2023  juara 1 ganda di turnamen ATF SPORTAMA di The Sultan Hotel Jakarta yang pesertanya dari berbagai negara ada New Zealand, Inggris, hingga Hungaria," ungkapnya. 

Peluang Azzam bersaing di tingkat nasional semakin mudah dan terbuka pasalnya sejak tahun 2023 mengikuti orangtua yang pindah tugas ke Jakarta. "Sampai sekarang sering ikut kejuaraan nasional, karena banyak kejuaraan yang diadakan di Jakarta," ujarnya.

Saat ini Azzam rutin berlatih tenis lapangan hampir setiap hari di klub West Tennis Academy binaan mantan atlet tenis nasional yakni Wynne Prakusya. Selain di klub, Azzam juga berlatih pemusatan atlet tenis POPDA Kota Tangerang. "Setiap hari latihan di klub, liburnya di Sabtu, Sabtu juga  berlatih POPDA," ujarnya.

Event POPDA XI Banten di Kota Tangerang merupakan kejuaraan pelajar pertama yang diikuti Azzam dan Zuyyin. Keduanya bertekad memberikan prestasi terbaik untuk Kota Tangerang.

"Pastinya harus bisa membawa Kota Tangerang menjadi juara umum POPDA, semoga bisa tercapai," ujar Azzam.

Aktivitas Azzam latihan tenis menarik minat sang adik Zuyyin ikut terjun di olahraga tersebut. Zuyyin menjadi satu-satunya atlet putri Kota Tangerang yang akan tampil di nomor tunggal perorangan dan ganda campuran.

 "Pertama kenal tenis kelas 3 SD, lihat papa- abang diajak-ajak juga, terus menarik ya coba-coba ikut latihan," ujarnya 

Menghadapi POPDA pertamanya, persiapan fisik dan teknik telah dijalani Zuyyin baik di pemusatan atlet POPDA juga latihan secara mandiri bersama ayah dan kakak.

"Perasaannya deg-degan tapi senang, seru banyak teman dan dapat pengalaman baru," ujarnya.

Ia berharap dapat memberikan yang terbaik untuk Kota Tangerang, namun baginya yang terpenting adalah pengalaman mengikuti event kejuaraan.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!