Kamis, 6 Juni 2024 10:22 WIB | Dibaca : 673
Jawara Benteng Tampil Memukau di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVII 2024
Jawara Benteng Tampil Memukau di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVII 2024
Jawara Benteng Tampil Memukau di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVII 2024
Jawara Benteng Tampil Memukau di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVII 2024

Parade Karnaval Budaya Nusantara dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII 2024 berhasil menyedot perhatian masyarakat sekitar serta tamu undangan yang hadir di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024) malam.

Bagaimana tidak, ragam budaya, etnis dari berbagai daerah perkotaan di Indonesia tampil memukau pada helaran hari ketiga Rakernas APEKSI XVII 2024. Tentunya Kota Tangerang juga turut mengisi Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVII.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh menuturkan, dalam Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVII 2024, Kota Tangerang menampilkan budaya dKota Tangerang.

"Kami menampilkan 'Jawara Benteng' yakni jawara perempuan dari Kota Tangerang yakni Nyimas Melati dan jawara laki-lakinya yakni para pendekar dari Be'si. Tentunya mereka merupakan sosok legend di Kota Tangerang, serta Be'si menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) di Kota Tangerang," tuturnya.

Rizal pun menambahkan, dalam parade dari Kota Tangerang yang berada diurutan ke 31 dari 69 kontingen, juga menghadirkan tarian Bentang Tangerang sebagai akulturasi seni dan budaya di Kota Tangerang yang beragam. Persembahan tersebut mampu memukau para tamu undangan serta masyarakat Kota Balikpapan.

"Tak hanya itu, turut diramaikan pula para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, serta Kang dan Nong Kota Tangerang yang kompak mengenakan busana daerah yakni pangsi dan kebaya encim yang dipadukan dengan batik Kota Tangerang," imbuh Rizal.

Menariknya lagi, Disbudpar Kota Tangerang hanya mempersiapkan karnaval ini dalam waktu singkat, yakni tiga minggu saja. Namun mampu menyedot perhatian para pengunjung acara Karnaval Budaya Nusantara APEKSI XVII 2024.

"Alhamdulillah acara bisa berjalan lancar, para seniman dari Kota Tangerang berhasil menampilkan yang terbaik di Karnaval Budaya Nusantara. Ini tak lepas dengan melibatkan penari dari Sanggar Puspa Kencana, Graha Budaya , silat Be,si Kota Tangerang, serta perguruan silat Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir (TTKDH)," ucap Rizal. (dsw)



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!