Kamis, 30 Mei 2024 18:47 WIB | Dibaca : 1159
Buat Warga Kota Tangerang, Ini Tips Jitu Atasi Tagihan PDAM yang Membengkak

Tidak hanya tagihan listrik yang perlu diperhatihan, tagihan air juga perlu diperhatikan secara berkala. Pasalnya, sering kali kejadian tagihan air yang membengkak dan membuat pos pengeluaran dalam satu bulan meningkat dibanding bulan sebelumnya.

Agar terhindar dari biaya tagihan PDAM yang mahal, maka kamu perlu menghemat penggunaan air PDAM. Untuk memudahkan kamu, berikut ada beberapa tips untuk menghemat air PDAM.

1. Matikan keran setelah digunakan
Upaya pertama, mematikan keran air setelah dipakai. Misalnya saat mandi, sebaiknya nyalakan keran sewaktu kamu berada di kamar mandi sehingga airnya tidak tumpah. Pastikan agar keran tertutuo rapat setelah digunakan. Sebab, air yang menetes dalam volume kecil pun akan dihitung sebagai pemakaian walaupun kenyataannya tidak dipakai.

2. Atur waktu mencuci pakaian
Tidak hanya saat merendam, tapi saat membersihkan pakaian juga butuh banyak air agar pakaian tidak berbusa sewaktu dijemur. Atur waktu mencuci pakaian dengan baik, untuk mengurangi banyaknya cucian.

3. Rutin mengecek meteran
Banyak tidaknya pemakaian air dapat dicek melalui meteran yang ada di rumah. Guna menghindari membengkaknya tagihan PDAM, sebaiknya cek meteran air secara rutin. Jika ada keanehan, misalnya pemakaian yang tidak wajar atau diperlukannya penggantian meteran, segera dilaporkan, daripada tagihan terus-menerus membengkak.

4. Menggunakan air bekas
Air bekas cucian biasanya berlimpah, tapi kamu sering kali membuangnya. Sekarang saatnya memanfaatkan kembali air bekas tersebut untuk beberapa kegiatan, seperti membersihkan halaman atau menyiram pekarangan rumah yang berdebu.

5. Gunakan gayung saat menyiram
Menyiram kamar mandi biasa dilakukan setelah selesai digunakan. Tapi, permasalahannya adalah banyak orang yang menyiramnya pakai ember berisi air penuh yang menyebabkan pemakaian membengkak secara tiba-tiba. Boleh menyiram, tapi gunakan gayung biar lebih hemat.

6. Periksa meteran air
Pastikan meteran air berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan atau manipulasi. Periksa meteran air secara berkala untuk memastikan bahwa pengukuran air sesuai dengan penggunaan sebenarnya.

Pada kenyataannya, terdapat berbagai alasan yang menyebabkan tagihan PDAM membengkak tanpa disadari setiap bulannya. Kenali permasalahannya terlebih dahulu guna memudahkan kamu mencarikan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dengan demikian, tagihan air tidak lagi membengkak pada bulan berikutnya dan pengeluaran kembali stabil seperti dulu kala.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!