Kamis, 25 April 2024 09:52 WIB | Dibaca : 364
Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball yang Digelar 26-28 April 2024

Kota Tangerang kembali didapuk sebagai tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional. Kali ini Kejuaraan Gateball 2024 yang diadakan Direktorat Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang serta Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi).

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengatakan, Kejuaraan Gateball 2024 akan digelar selama tiga hari yakni 26-28 April 2024 di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang. Dengan memperebutkan total hadiah Rp50 juta, kejuaraan ini akan diikuti dari 36 provinsi se-Indonesia.

“Kami mendukung penuh perhelatan ini. Terlebih, dengan event seperti ini dapat kian menggairahkan dunia olahraga di Kota Tangerang. Apalagi kejuaraan ini sebagai upaya semakin memperkenalkan olahraga Gateball di Kota Tangerang,” ujarnya, saat dihubungi Kamis (25/4/2024).

Lanjutnya, Kaonang pun menjelaskan, Kejuaraan Gateball di Kota Tangerang merupakan kedua kalinya. Pertama kali diadakan pada tahun 2020, bertepatan dengah perayaan HUT ke 27 Kota Tangerang. Tak hanya itu, cabang olahraga gateball pun kian bersinar setelah meraih juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022.

“Maka dari itu, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kota Tangerang untuk mendukung dan menyaksikan Kejuaraan Gateball 2024 tingkat nasional. Tentunya ajang ini dapat mendongkrak geliat ekonomi masyarakat lewat sport tourism, sportainment dan sport scienes di Kota Tangerang” pungkas Kaonang.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kota Tangerang Agni Wicaksono menerangkan, olahraga Gateball merupakan olahraga dari Jepang yang mirip Hockey dan Polo yang menggunakan stick gateball. Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier-free sport (olahraga tanpa batas).

“Olahraga gateball pertama ada di Indonesia pada tahun 1995, sedangkan di Kota Tangerang pada awal tahun 2000an. Tentunya beragam perolehan medali pun telah diraih oleh para atlet dari Kota Tangerang, dari mulai Kejurda Provinsi Banten serta Porprov kemarin saat jadi tuan rumah,” terang Agni.

Ia pun mengungkapkan, pada Kejuaraan Gateball 2024 tingkat nasional ini akan mengirimkan 11 atlet pada dua kategori yakni beregu campuran mix dan triple campuran mix yang akan bertanding melawan balai dari 36 provinsi se-Indonesia. (dsw)



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!