Rabu, 3 April 2024 15:01 WIB | Dibaca : 1237
Jelang Hari Raya Idulfitri Indeks Inflasi Kota Tangerang Terkendali di Angka 3,62 Persen
Jelang Hari Raya Idulfitri Indeks Inflasi Kota Tangerang Terkendali di Angka 3,62 Persen

Jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang masih dalam kondisi yang terkendali. Terbaru, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, indeks inflasi di Kota Tangerang di angka 3,62 persen.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Yeti Rohaeti menuturkan, data terbaru yang ditunjukkan BPS Kota Tangerang per Maret 2024 menunjukkan, secara umum angka inflasi dinilai masih stabil, meski terjadi sedikit kenaikan dari beberapa bulan sebelumnya, yakni Januari (2,46 persen), Februari (2,5 persen) dan Maret mencapai 3,62 persen.

“Berdasarkan data terbaru yang dirilis memang menunjukkan terjadi kenaikan harga di berbagai barang komoditas. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir, angka inflasi di Kota Tangerang masih tergolong sangat normal dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,97,” ujar Yeti, Rabu (3/4/24).

Tidak hanya itu, indeks inflasi tersebut juga menunjukkan kondisi yang cukup positif dibandingkan periodesasi menjelang Hari Raya Idulfitri pada tahun sebelumnya (2023), yakni Maret (3,75 persen) dan April (3,46 persen). Beberapa komoditas penting yang menyumbangkan inflasi pada bulan ini didominasi kebutuhan pangan pokok sesuai dengan peningkatan permintaan pasar selama bulan Ramadan, meliputi beras, cabai merah, tomat, daging ayam ras, bawang putih, sampai angkutan antarkota menjelang musim mudik Lebaran di Kota Tangerang.

“Sekali lagi, indeks tersebut menunjukkan angka yang masih sangat stabil. Terlebih, berdasarkan perhitungan month to month dan day to day, keduanya hanya mengalami inflasi sebesar 1,25 persen dan 1,39 persen atau angka yang sangat normal dalam ukuran menjelang Lebaran,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengendalikan inflasi di Kota Tangerang tetap stabil. Salah satunya, Pemkot Tangerang gencar menggelar Gelar Beras Murah di semua kecamatan untuk menjamin kebutuhan pokok yang terjangkau, khususnya menjelang Hari Raya Idulfitri mendatang.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!