Senin, 4 Maret 2024 13:37 WIB | Dibaca : 943
Jelang Ramadan Indeks Inflasi Kota Tangerang Stabil di Angka 2,5 Persen
Jelang Ramadan Indeks Inflasi Kota Tangerang Stabil di Angka 2,5 Persen

Jelang Ramadan 1445 H, pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang masih dalam kondisi yang stabil. Terbaru, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, indeks inflasi di Kota Tangerang di angka 2,5 persen.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Yeti Rohaeti menuturkan, data terbaru yang ditunjukkan BPS Kota Tangerang, per Februari 2024 menunjukkan, secara umum angka inflasi mengalami kestabilan dibanding bulan sebelumnya.

Tercatat, data tersebut menunjukkan indeks inflasi Year on Year (Y on Y) Kota Tangerang mengalami perkembangan yang positif dengan terjadinya penurunan dibandingkan dengan akhir tahun kemarin meski terjadi sedikit peningkatan dibandingkan awal tahun ini, yakni November (3,09 persen), Desember (3,17 persen), Januari (2,46 persen), dan pada bulan Februari tahun ini hanya 2,5 persen.

“Berdasarkan data terbaru yang dirilis memang masih terjadi angka inflasi atau kenaikan harga di berbagai barang komoditas. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir, angka inflasi di Kota Tangerang masih tergolong sangat normal bahkan mengalami penurunan lebih baik dibanding periodesasi yang sama pada tahun sebelumnya dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 104,66,” ujar Yeti, Senin (4/3/2024).

Tidak hanya itu, indeks inflasi tersebut juga menunjukkan kondisi yang jauh lebih baik dibandingkan periodesasi menjelang Ramadan pada tahun sebelumnya (2023), yakni Februari (4,64 persen) dan Maret (3,75 persen). Beberapa komoditas penting yang menyumbangkan inflasi, meliputi beras, cabai merah, daging ayam ras, tomat, bawang putih, sampai angkutan antar kota di Kota Tangerang.

“Data tersebut masih menunjukkan indeks inflasi yang positif. Terlebih, berdasarkan perhitungan month to month dan day to day, keduanya hanya mengalami inflasi sebesar 0,24 persen dan 0,13 persen atau angka yang sangat normal terlebih menjelang bulan Ramadan,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengendalikan inflasi di Kota Tangerang tetap stabil. Salah satunya, Pemkot Tangerang secara rutin masih menggelar Gelar Pangan Murah yang digelar di setiap kecamatan untuk menjamin kebutuhan pokok yang terjangkau, khususnya menjelang bulan Ramadan.



inflasi ekonomi kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!