Kamis, 25 Januari 2024 16:02 WIB | Dibaca : 512
Imunisasi Dasar Lengkap capai 103,7 %, Dinkes Kota Tangerang Catat Kinerja dengan Sangat Baik

Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terus meningkatkan distribusi imunisasi di Kota Tangerang. Tercatat, berdasarkan data yang dipublikasikan Aplikasi Sehar Indonesiaku (ASIK) Kota Tangerang pada tahun 2023 menunjukkan sebagian besar penduduk berusia balita telah mendapatkan imunisasi secara lengkap, bahkan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) sampai mencapai 103,7 persen.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni menuturkan, Dinkes Kota Tangerang selama ini telah mengoptimalisasi peran fasilitas kesehatan untuk memaksimalkan distribusi imunisasi melalui Posyandu yang tersebar di seluruh lingkungan di Kota Tangerang. Berdasarkan data yang sama menunjukkan, Dinkes Kota Tangerang telah melakukan distribusi imunisasi dengan persentase yang sangat baik.

“Kami (Dinkes Kota Tangerang) menilai distribusi imunisasi untuk balita merupakan agenda penting dalam peningkatan kualitas kesehatan di Kota Tangerang. Selama ini, kami telah berkomitmen penuh memaksimalkan fasilitas kesehatan dan Posyandu di lingkungan wilayah untuk dapat mendistribusikan imunisasi berbagai jenis secara maksimal,” ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, Kamis, (25/1/24).

Saat ini, persentase penduduk berumur 0-59 bulan (balita) di Kota Tangerang yang telah mendapatkan imunisasi Bacillus Calmette-Guerin (BCG) sebesar 86,55 persen, imunisasi DPT (difteri, pertusis, dan tetanus) sebesar 92,93 persen, imunisasi campak-rubella (MR) sebesar 111,64 persen, dan imunisasi balita lengkap (IBL) yang mencapai 100,01 persen.

“Berdasarkan data rekapan akhir tahun kemarin juga menunjukkan hasil yang sangat baik. Lewatnya bisa dilihat, hampir semua jenis imunisasi lengkap kepada balita telah terdistribusikan dengan sangat merata,” tambahnya.

Selain itu, Dinkes Kota Tangerang bertepatan dengan Hari Gizi Nasional tersebut akan berkomitmen untuk terus meningkatkan angka distribusi imunisasi untuk balita. Terlebih, distribusi imunisasi ini mempunyai dampak signifikan dalam mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah menurunkan angka stunting di Kota Tangerang.



imunisasi kota tangerang hepatitis dinkes

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!