Jumat, 5 Januari 2024 15:55 WIB | Dibaca : 717
Capai Pendidikan Berkualitas, 98,74 Persen Penduduk  Berusia 15 Tahun ke Atas di Kota Tangerang Sudah Melek Huruf

Pendidikan di Kota Tangerang dinilai telah berjalan optimal. Berdasarkan data yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2023 menunjukkan bahwa penduduk berusia 15 tahun ke atas di Kota Tangerang yang sudah melek huruf mencapai 98,74 persen.

Kepala BPS Kota Tangerang, Muladi Widastomo menuturkan, data tersebut menunjukkan efektivitas berbagai terobosan yang selama didorong Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang. Selain 98,74 persen sudah tergolong melek huruf, BPS Kota Tangerang juga mencatat terdapat 58,96 persen penduduk 15 tahun ke atas di Kota Tangerang telah memiliki ijazah tertinggi pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat ke atas.

“Secara umum, kebijakan sektor pendidikan di Kota Tangerang telah berjalan sangat baik. Berdasarkan data hasil survei terbaru yang dirilis akhir tahun kemarin, bahwa penduduk berusia 15 tahun ke atas, 98,74 persen sudah melek huruf dan 58,96 persennya tergolong lulusan pendidikan tingkat SLTA dan tinggi,” ujar Kepala BPS Kota Tangerang, Muladi Widastomo, Jumat, (5/1/24).

Tidak hanya itu, BPS Kota Tangerang mencatat Angka Partisipasi Sekolah (APS) di Kota Tangerang juga tergolong sangat tinggi. Berdasarkan data yang sama menunjukkan bahwa terdapat 99,34 pada kategori usia 7-12 tahun, 99,45 persen pada kategori usia 13-15 tahun, 74,85 persen pada kategori usia 16-18 tahun, dan 32,46 persen pada kategori usia 19-23 tahun.

Selain itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang menambahkan, keberhasilan ini tidak bisa dilepaskan dari faktor berbagai program di sektor pendidikan yang selama ini telah berjalan efektif, seperti program Beasiswa Tangerang Cerdas dan sekolah swasta gratis di 146 sekolah di Kota Tangerang.

“Telah banyak program di sektor pendidikan yang selama ini dinilai efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang, salah satunya yakni program sekolah swasta gratis yang telah direalisasikan di 146 sekolah secara optimal,” tambah Kepala Disdik Kota Tangerang, Jamaluddin.



kota tangerang pendidikan melek huruf baca tulis

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!