Jumat, 20 Oktober 2023 15:36 WIB | Dibaca : 321
Pembangunan IPA Sitanala Rampung, Perumda Tirta Benteng Siapkan Penyaluran Pelanggan Zona 2

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan kapasitas 500 liter per detik, untuk melayani kebutuhan air bersih di Kota Tangerang. SPAM itu adalah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala, dan keberadaannya pun kini telah diserah terimakan ke Perumda Tirta Benteng, Kota Tangerang.

Menindaklanjuti situasi tersebut, kini Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang juga telah menerima hibah sarana prasarana serta 71 ribu pelanggan Perumdam Tirta Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang. Dimana, penyerahan tahap satu dengan sekitar 20 ribu pelanggan sudah masuk ke zona satu dan telah terlayani.

“Kini, dengan IPA Sitanala akan dibuka zona dua dengan 51 ribu pelanggan dari Perumdam Tirta Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang, sebagai penyerahan hibah tahap dua. Setelah itu, Perumda Tirta Benteng, Kota Tangerang harus lebih dulu melengkapi sarana prasarana pendukung IPA Sitanala untuk mulai melakukan penyaluran air ke zona dua tersebut,” ungkap Doddy Effendy, Direktur Utama, Perumda Tirta Benteng, saat ditemui, Jumat (20/10/23).

Ia pun menjelaskan, progres terhadap keberadaan IPA Sitanala ialah Perumda Tirta Benteng, Kota Tangerang akan membangun sarana prasarana pendukung. Diantaranya, jembatan per pipaan hingga JDU pipa yang akan terinkoneksi dengan induk Kabupaten Tangerang.

“Proses ini akan mulai dilakukan akhir Desember dengan target pengerjaan sekitar enam bulan kedepan. Harapannya, paling cepat ialah Agustus 2024 penyaluran zona dua dari IPA Sitanala sudah bisa dijalani atau terlayani,” kata Doddy.

Lanjutnya, rincian 51 ribu pelanggan pada zona dua yang merupakan hibahan tahap dua dari Perumdam Tirta Kerta Raharja tersebar diempat kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Jatiuwung dengan 1.473 sambungan langganan, Cibodas dengan 15.211 sambungan langganan, Periuk dengan 17.644 sambungan langganan dan Kecamatan Karawaci dengan 16.925 sambungan langganan.

“Perumda Tirta Benteng, Kota Tangerang tidak ada lagi alasan untuk tidak mempercepat dan memaksimalkan peningkatan layanan ini, dengan sederet dukungan nyata dari Kementerian PUPR dan Pemkot Tangerang. Semua akan dimaksimalkan, untuk pelayanan terbaik bagi warga Kota Tangerang,” tutupnya.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!