Kamis, 5 Oktober 2023 13:05 WIB | Dibaca : 323
Cegah Kanker Serviks, UPT Puksesmas Tajur Kota Tangerang Buka Layanan Pemeriksaan Papsmear

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus menunjukkan perhatian yang serius dalam upaya mengatasi kanker leher rahim (serviks) di Kota Tangerang. Terbaru, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Tajur, Ciledug, Kota Tangerang akan menggelar pelayanan kesehatan pemeriksaan papsmear di Poli KIA UPT Puskesmas Tajur pada Jumat, 6 Oktober 2023, pukul 08.00-10.00 WIB mendatang.

Kepala UPT Puskesmas Tajur, dr. Feri Ferdiansyah menuturkan, pelayanan kesehatan pemeriksaan papsmear ini merupakan salah satu prosedural dalam rangka mendeteksi dini kanker serviks dengan menggunakan metode berupa pengambilan sekret pada mulut rahim. Hanya ditujukan untuk masyarakat yang berdomisili di Kelurahan Tajur dan Kelurahan Parung Serab, pelayanan kesehatan papsmear ini dilakukan secara gratis.

“Pemeriksaan papsmear ini sangat penting untuk para perempuan. Pasalnya, prosedur ini mampu mendeteksi sel-sel abnormal (sel prakanker) di leher rahim yang dapat berkembang menjadi kanker yang sangat membahayakan,” ujar Kepala UPT Puskesmas Tajur, dr. Feri Ferdiansyah, Kamis, (5/10/23).

Ia melanjutkan, pelayanan kesehatan pemeriksaan papsmear ini tidak memerlukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Jadi, masyarakat yang ingin mengakses pelayanan kesehatan ini dapat langsung datang ke lokasi kegiatan di Poli KIA UPT Puskesmas Tajur dengan melengkapi beberapa persyaratan, seperti identitas diri, memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang aktif, tidak sedang menstruasi, dan tidak melakukan hubungan seksual dalam 1 hari sebelum pelaksanan pelayanan kesehatan pemeriksaan papsmear tersebut.

“Kegiatan ini sangat dianjurkan dan penting untuk memastikan kesehatan para perempuan khususnya di Kelurahan Tajur, Ciledug, Kota Tangerang. Jadi jangan lupa datang, lengkapi persyaratan, serta tidak ketinggalan turut melakukan pemeriksaan papsmear tersebut,” tambahnya.

Selain itu, ia berharap masyarakat dapat antusias mengikuti pelayanan kesehatan pemeriksaan papsmear yang diselenggarakan UPT Puskesmas Tajur tersebut. Terlebih, pelayanan kesehatan ini penting untuk terus dioptimalisasikan sebagai bentuk pencegahan risiko kanker serviks yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. (mts)



Kota Tangerang #smart living #smart branding #dinas kesehatan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!