Rabu, 13 September 2023 18:20 WIB | Dibaca : 263
Pelayanan Kesehatan Kota Tangerang Dilengkapi 11 Ambulans Mini ICU
Pelayanan Kesehatan Kota Tangerang Dilengkapi 11 Ambulans Mini ICU

Memastikan kesehatan seluruh masyarakat Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus memaksimalkan pelayanan-pelayanan kesehatan yang ada di masyarakat. Berbagai fasilitas pelayanan kesehatan pun hadir untuk masyarakat.

Mulai dari 1.092 posyandu, 39 puskesmas, 31 rumah sakit dan satu RS Umum Daerah Kota Tangerang. Namun, tak tertinggal pelayanan Kesehatan di Kota Tangerang juga memadai dengan tersedianya 23 unit ambulans dan 11 diantaranya adalah ambulans mini ICU yang merupakan jenis ambulans Smart 119.

“Layanan ambulans ini dikhususkan untuk menangani kondisi gawat darurat berat, karena memiliki fasilitas medis yang lebih lengkap. Seluruh ambulans di Kota Tangerang termasuk ambulans mini ICU bekerja atau standby selama 24 jam penuh dan dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis atau tanpa dipungut biaya,” tegas dr Dini Anggraeni, Kepala Dinkes, Kota Tangerang, Rabu (13/9/23).

Ia menjelaskan, ambulans Smart 119 digunakan untuk pengantaran pasien antar faskes. Sehingga, selain sopir, dalam fasilitas ambulans Smart 119 ini juga dilengkapi dengan petugas kesehatan kompeten. Sehingga, pasien bisa distabilkan untuk dibawa ke rumah sakit.

Sederet fasilitas ambulans Smart 119 atau Mini ICU;
1. Flash light bar
2. Sirine
3. Lemari peralatan medis
4. Power inverter 1500W
5. Automatic ambulance stretcher merupakan alat untuk membawa dan memindahkan pasien.
6. Led lamp
7. Fixed centeral gas oxygen system
8. Monitor pasien yang digunakan untuk memantau kondisi pasien secara real time yang tampak melalui monitor.
9. Suction pup yang merupakan alat medis yang menghisap berbagai jenis cairan yang terbentuk dari proses sekresi tubuh yang dalam kondisi tertentu perlu untuk dihilangkan atau dibersihan.
10. AED yang merupakan alat medis untuk menganalisis irama jantung secara otomatis hingga memberikan kejutan listrik
11. Tabung apar
12. Emergency kit berupa obat-obatan yang bersifat live saving
13. Ventilator portabel

Kata dr Dini, ambulans Smart 119 dengan ambulans biasa tentunya memiliki pembeda pada kelengkapan fasilitas. Ambulans biasa atau biasa dikenal dengan ambulans gratis hanya memiliki kelengkapan mulai dari flash light bar, sirine, ambulans stretcher, led lamp, gas oxygen system, suction pump, tensimeter, emergency kit dan tabung APAR saja.

“Dinas Kesehatan mencatat, di 2022 ambulans Smart 119 telah melayani 1.514 kasus penanganan. Masyarakat Kota Tangerang, yang ingin memanfaatkan layanan ambulans gratis baik itu ambulans biasa maupun Smart 119, masyarakat hanya perlu order ke layanan kegawatdaruratan 112 atau 119 atau di nomor 021-55771135. Petugas bersiaga 24 jam penuh,” tegas dr Dini.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!