Senin, 17 Juli 2023 11:19 WIB | Dibaca : 283
Psikolog Puspaga Kota Tangerang Bagi Tips Menghadapi Pekan Pertama Anak Masuk Sekolah
Psikolog Puspaga Kota Tangerang Bagi Tips Menghadapi Pekan Pertama Anak Masuk Sekolah

Banyak orang tua khawatir dan cemas, begitu pula dengan sang anak, saat menghadapi momen hari pertama atau pekan pertama masuk sekolah. Dimana saat ini, tahun ajaran baru 2023/2024 di Kota Tangerang telah dimulai baik tingkat SD maupun SMP.

Diketahui, seringkali hari pertama sekolah banyak anak menangis, tidak mau masuk kelas dan tidak mau ditinggal oleh orang tuanya. Seharusnya kekhawatiran tersebut tidak terjadi dan bisa diatasi jauh-jauh hari sebelum masuk sekolah.

Psikolog Puspaga Kota Tangerang, Sri Damayanti mengungkapkan ada beberapa tips agar anak senang bersekolah di hari pertama atau pekan pertama. Diantaranya, orang tua bisa melakukan bisa menceritakan tentang kegiatan sekolah yang menyenangkan dan banyak permainan.

"Agar anak bisa membayangkan bermain dan belajar dengan menyenangkan dan akan mendapatkan teman baru. Jika memungkinkan ajak anak melihat sekolahnya dan menceritakan bahwa nanti akan berkumpul bermain bersama dengan teman dan guru ditempat itu," ungkap Sri saat dihubungi, Senin (17/7/23).

Selain itu, orang tua bisa mempersiapkan kebutuhan sekolah bersama anak, ikut melibatkan anak memilih alat sekolahnya. Hal yang penting dilakukan sebaiknya satu minggu sebelum sekolah membiasakan anak tidur tepat waktu agar terbiasa bangun dipagi hari, agar anak terbiasa pada saat mulai masuk sekolah.

Pada hadi pertama masuk sekolah, kata Sri orang orang tua bisa mengajak anak berkeliling berkenalan dengan teman baru, sambil menunggu persiapan berbaris dengan teman dan guru. Sebelum masuk atau berbaris berikan pelukan dan semangat. Tenangkan diri dan hilangkan perasaan khawatir orang tua agar anak percaya diri.

"Jika anak belum mandiri dan masih ingin didampingi, silakan orang tua mendampingi di kelas dan ikuti arahan guru kelas dan percayakan guru akan mampu menanganinya. Jika anak sudah mandiri lepas dengan orang tua berikan kepercayaan kepada anak," katanya.

Sementara itu, ketiga hari pertama sekolah tiba dan berakhir, ayah dan ibu diimbau mengajak anak untuk saling bercerita. Misalnya sambil makan ajak anak duduk dan bercerita pengalaman hari pertama.

Saat mengobrol, jangan fokus pada hal buruk yang terjadi seperti tangisannya saat terpisah dari orangtua. Sri, mengingatkan agar fokus pada hal baik yang sudah terjadi seperti anak sudah menggunakan seragam dan mau datang ke sekolah.

"Percakapan dapat ditutup dengan mengucapkan selamat karena anak sudah mencoba masuk sekolah, dan semangati untuk terus melakukannya. Tak ada salahnya memberikan sedikit apresiasi, untuk anak lebih yakin bahwa dirinya berani menghadapi dunia baru di sekolah barunya," imbaunya.(bun)



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!