Kamis, 6 Juli 2023 14:47 WIB | Dibaca : 242
Masiah Atlet Kota Tangerang Peraih Medali Emas Pertama Untuk Banten Pada Olahraga Panahan Tradisional
Masiah Atlet Kota Tangerang Peraih Medali Emas Pertama Untuk Banten Pada Olahraga Panahan Tradisional
Masiah Atlet Kota Tangerang Peraih Medali Emas Pertama Untuk Banten Pada Olahraga Panahan Tradisional
Masiah Atlet Kota Tangerang Peraih Medali Emas Pertama Untuk Banten Pada Olahraga Panahan Tradisional

Dunia olahraga di Kota Tangerang kembali mengukir prestasi di tingkat Nasional. Salah satunya didapatkan oleh Masiah (51) yang meraih medali emas pada ajang Festival Olahraga Nasional (Fornas) VII 2023, pada cabang olahraga panahan tradisional nomor induk olahraga jamparing bandul jarak 30 meter, yang berlangsung di lapangan Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/7/2023).

Imas sapaan akrabnya, ini merupakan kontingen Kota Tangerang dari Kecamatan Pinang, yang berhasil mengalahkan 19 atlet lainnya yang ada di olahraga panahan tradisional dari 38 Provinsi di Indonesia. Selain Imas, Kota Tangerang juga telah mengirimkan 23 atlet lainnya pada laga Fornas yang diadakan setiap tahun ini.

Fornas VII tahun 2023 merupakan perhelatan olahraga rekreasi yang sudah jarang dikenal masyarakat. Dimana tidak ada batasan usia bagi para atlet. Seperti halnya Imas, merupakan seorang guru di SMP Negeri 4 Kota Tangerang, yang usianya sudah tidak muda lagi. Namun dirinya yang sudah mencintai olahraga panahan sejak di bangku sekolah dasar ini masih bersemangat untuk mengharumkan Kota Tangerang.

“Awalnya saya tidak pernah mengikuti perlombaan olahraga panahan, tapi karena sejak SD saya sudah aktif mengikuti Gerakan Pramuka, dimana dalam kegiatannya juga ada permainan tradisional salah satunya panahan. Dan sampai saat ini saya juga masih aktif di Pramuka,” ujarnya.

Imas yang merupakan anak pertama dari delapan bersaudara ini juga mengatakan, ia sangat tertarik dengan panahan tradisional karena selain unik, juga pakaian yang dikenakan ialah baju adat tradisional. Dirinya merasa bangga bisa turut serta melestarikan budaya Indonesia. “Kebetulan saya dengan suami memang aktif di kebudayaan. Bahkan saya bersama suami saya membentuk klub panahan tradisional di Kota Tangerang dengan nama Tangger Jemparing untuk memberi pelatihan kepada peserta didik saya. Saya juga memperdalam lagi tentang Jemparing (Panahan Tradisional) dan mulai mengikui event ke daerah daerah Jawa.” ungkapnya saat dihubungi.

Keaktifannya pada olahraga panahan tradisional, hingga pada tahun 2016 membuatnya menjadi pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Tangerang dalam bidang Pengembangan Olahraga Tradisional dan Budaya. Semenjak itulah, Imas semakin aktif mengikuti perlombaan panahan tradisional dan meraih segudang prestasi seperti, Juara 3 Face Target Tradisi tingkat klub se-Kota Tangerang tahun 2022, Juara 3 Face Target Tradisi di Kota Tasikmalaya tahun 2023, serta Juara 3 Gladen Persahabatan di Kabupaten Garut tahun 2022.

“Harapan saya adalah ingin panahan tradisional jamparing ini semakin dikenal oleh banyak orang, bahkan bisa memberikan pemahaman kepada para anak muda, khususnya pelajar, dengan alat sederhana dari bambu dan kayu bisa meraih prestasi. Serta bisa masuk sekolah yang diinginkan lewat jalur prestasi yang sama,” ucapnya. (dsw)



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!