Senin, 3 Juli 2023 10:00 WIB | Dibaca : 293
Inspiratif! Beragam Cerita Sebagai Anggota BPBD Kota Tangerang
Inspiratif! Beragam Cerita Sebagai Anggota BPBD Kota Tangerang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang telah mafhum dikenal dengan deretan tugas mulianya. Tak melulu mengenai aksi dalam merespon kebencanaan, menjadi anggota BPBD Kota Tangerang juga mengerjakan banyak tugas lain untuk membantu masyarakat. Salah satu yang terbaru adalah turut andil dalam proses evakuasi korban obesitas berlebihan, almarhum Fajri, belum lama ini.

Kepala UPT BPBD Kecamatan Ciledug, Mulyadi menceritakan, anggota BPBD Kota Tangerang terlibat dalam proses evakuasi yang belum lama ini dilakukan. Mulai dari evakuasi untuk pengobatan, akomodasi, sampai fasilitas untuk memudahkan proses evakuasi berjalan. Lanjutnya, selama proses evakuasi kemarin, seluruh anggota BPBD Kota Tangerang berperan secara aktif dan totalitas.

“Saat itu, anggota BPBD Kota Tangerang dimintai tolong oleh warga yang ingin mengevakuasi (alm) Fajri untuk dibawa berobat ke salah satu rumah sakit agar mendapatkan pertolongan. Ternyata, tak terduga, sampai ke lokasi jalan ke rumah yang bersangkutan sempit dan beban tubuhnya terlalu besar, diangkat seluruh anggota juga masih kesulitan, sehingga kita harus mencari cara lain agar bisa mensukseskan evakuasi,” ujar Kepala UPT BPBD Kecamatan Ciledug, Mulyadi, ketika menceritakan pengalamannya.

Ia melanjutnya, proses evakuasi yang dilakukan juga menjadi pengalaman yang mengesankan. Terlihat, anggota BPBD Kota Tangerang sampai mengerahkan alat bantu forklif serta membongkar rumah yang bersangkutan untuk mensukseskan selama proses evakuasi berjalan.

“Setelah beberapa lama, akhirnya kita berinisiatif menggunakan bantuan alat angkut forklift serta membongkar beberapa bagian rumah lanjut membawanya ke RSUD Kota Tangerang. Di sinilah, cerita-cerita proses panjang evakuasi menjadi pengalaman baru yang sangat mengandung makna,” tambahnya.

Selain itu, anggota BPBD Kota Tangerang juga mempunyai komitmen unggul dalam memberikan pelayanan terbaik dalam membantu masyarakat Kota Tangerang. Menurutnya, anggota BPBD Kota Tangerang harus selalu siap dalam memberikan pelayanan, mulai dari situasi yang rumit, seperti kebakaran, bencana, dan banjir, sampai situasi yang sederhana, seperti mengevakuasi ular di tengah pemukiman, dsb.

“Banyak cerita selama bertugas menjadi anggota BPBD Kota Tangerang. Karena menjadi anggota diharuskan untuk siap menghadapi berbagai situasi di lapangan,” pungkasnya. (mts)



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!