Selasa, 27 Juni 2023 13:18 WIB | Dibaca : 526
Program Inovatif RANSEL TBC, Upaya Kota Tangerang Eliminasi Tuntas TBC di 2030 Mendatang

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mempunyai program inovatif dalam mengatasi tuberkulosis (TBC) di Kota Tangerang. Salah satunya, “Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC” atau RANSEL TBC yang diterapkan di sekolah-sekolah, mulai dari Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (TK/PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni menuturkan, program RANSEL TBC tersebut merupakan pengembangan lebih lanjut dari program Simantul (Aksi Eliminasi Tuberkulosis) yang diterapkan sejak tahun 2019 silam. Lanjutnya, sejak tahun 2022, program tersebut dikerucutkan menyasar sekolah-sekolah secara tematik dalam tajuk RANSEL TBC sampai sekarang.

“Jadi, program RANSEL TBC ini merupakan program inovatif dari Bidang Pencegahan dan Pengendaian (Bidang P2) Dinkes Kota Tangerang yang mempunyai tugas jangka panjang untuk mewujudkan eliminasi tuntas TBC di Kota Tangerang pada tahun 2030 mendatang,” ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, Selasa, (27/6/23).

Ia melanjutkan, program RANSEL TBC tersebut merupakan upaya promotif dan preventif berupa edukasi dan eliminasi yang meyasar anak-anak serta remaja di sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang. Dalam realisasinya, Dinkes Kota Tangerang membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) TBC yang merupakan bagian dari Unit Kesehatan Sekolah (UKS) untuk mensukseskan program-program yang dihasilkan RANSEL TBC selama ini.

“Program RANSEL TBC ini berbentuk edukasi dan sosialisasi, seperti kampanye bahaya TBC, cara mengatasi penyebaran TBC, cara menanggulangi TBC, serta membantu untuk melakukan skrinning melalui kerja sama dengan fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat,” tambahnya.

Selain itu, Dinkes Kota Tangerang juga berencana mengembangkan program RANSEL TBC untuk berfungsi tidak hanya mengatasi persoalan penyakit TBC saja, melainkan juga untuk mengatasi penyakit-penyakit lainnya yang dianggap penting untuk diatasi secepatnya, serta kampanye Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan program-program Kota Tangerang sebagai Kota Sehat lainnya. (mts)



Kota Tangerang RANSEL TBC

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!