Jumat, 21 April 2023 13:16 WIB | Dibaca : 2990
Mengenal Sayur Besan, Cita Rasa Khas Kota Tangerang
Mengenal Sayur Besan, Cita Rasa Khas Kota Tangerang

Ada yang mengenal sayur besan, makanan khas Kota Tangerang yang kini sudah langka karena bahan dasarnya yang sulit ditemui. Sayur besan merupakan makanan yang selalu dihidangkan saat mempelai laki-laki datang ke rumah orang tua mempelai wanita pada acara perkawinan atau yang disebut ngabesan. Maka dari itu sayur ini disebut dengan Sayur Besan.

Awal mula keberadaan sayur besan karena adanya perkebunan tebu di Kota Tangerang pada abad ke-17. Sayur besan tidak hanya menyajikan cita rasa yang khas, namun juga sebagai tradisi masyarakat betawi di Kota Tangerang yang menggelar prosesi pernikahan. Dan kini sudah jarang ditemui di beberapa warung makan khas betawi di Kota Tangerang.

Sayur yang berbahan dasar kuah santan dan terubuk atau trubuk. Masyarakat Kota Tangerang biasanya menyebut dengan bunga tebu. Sayuran ini merupakan sayuran musiman yang berasal dari pohon tebu yang pendek dan berdiameter 15 hingga 20 milimeter. Biasanya musim panen pada saat hari raya Idul Adha.

Selain bahan trubuk atau bunga tebu, juga ada bahan soun, pete, kentang, kembang kol, cabai merah dan untuk bumbunya ada santan kelapa, lengkuas, daun salam, serta bawang merah, bawag putih dan air. Semua bumbu dihaluskan dan bahan dasar dipotong sesuai selera. Jangan lupa tambahkan garam atau penyedap rasa. Setelah itu sajikan saat hangat.

Makanan khas Kota Tangerang ini sangat menggunggah selera. Apalagi jika disantap bersama dengan keluarga saat momen bahagia. Meski kini sudah sangat langka, namun kalian bisa mencoba memasaknya dirumah dan mengganti bunga tebu dengan irisan tempe.



Kota Tangerang Sayur Besan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!