Senin, 10 April 2023 13:20 WIB | Dibaca : 342
Warga Kota Tangerang, Perhatikan Pola Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran Saat Puasa
Warga Kota Tangerang, Perhatikan Pola Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran Saat Puasa

Bagi pekerja kantoran, biasanya menghabiskan waktunya dengan duduk menatap layar monitor seharian. Itulah mengapa diperlukan penerapan pola hidup sehat agar tubuh senantiasa fit dan bugar. Apalagi saat menjalani ibadah puasa, produktivitas kerja juga terpengaruh oleh rasa lapar dan bosan.

Berikut hal yang perlu dilakukan dalam menjaga pola hidup sehat bagi pekerja kantoran yang kami rangkum dari laman www.halodoc.com.

1. Usahakan Selalu Makan Sahur
Saat puasa, hal yang tidak boleh ketinggalan ialah sahur. Seperti sarapan, sahur juga berperan penting untuk memberikan nutrisi dan energi yang kamu butuhkan untuk berpuasa sepanjang hari.

Menu sahur yang dapat dikonsumsi harus mengandung karbohidrat, protein, guna menambah energi tubuh dan merasa kenyang cukup lama. Lengkapi juga asupan gizi dengan makan buah dan sayur-sayuran yang kaya akan serat agar sistem pencernaan tetap lancar.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Harian
Selain asupan makanan, kebutuhan cairan tubuh juga harus diperhatikan selama puasa dengan minum setidaknya delapan gelas air putih atau dua hingga tiga liter setiap hari. Tentunya saat puasa dapat dipenuhi dengan rumus 2–4–2, yaitu dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas setelah salat Tarawih atau sebelum tidur, dan dua gelas lagi saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan cairan tubuh akan tetap terpenuhi.

Hindari minum kafein, karena bisa membuat perut sakit saat perut kosong. Selain itu, kopi juga bersifat diuretik sehingga menyebabkan tubuh lebih banyak kehilangan cairan dan meningkatkan rasa haus.

3. Rutin Berolahraga Ringan
Akibat duduk seharian di kantor, membuat badan terasa kaku dan tegang. Hal ini mengganggu performa kerja karena tubuh menjadi lemas. Untuk itu olahraga rutin selama puasa bisa dilakukan saat waktu senggang.

Cukup dengan olahraga ringan, seperti berjalan kaki menuju kantor, naik dan turun tangga, dan sebagainya. Tidak hanya bisa membuat tubuh tetap fit dan bugar, berolahraga saat puasa juga bisa menurunkan berat badan dan menghilangkan stres.

4. Tidur yang Cukup
Selanjutnya, saat puasa pastinya akan mudah mengantuk. Hal ini disebabkan kurangnya tidur karena bangun lebih awal untuk sahur. Namun tetap dianjurkan untuk tidur setidaknya tujuh hingga sembilan jam dalam sehari.

Sebagian pekerja kantoran cenderung memiliki pola tidur yang tidak teratur. Contohnya seperti sering tidur terlalu malam akibat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Nah, ini bisa memengaruhi kinerja otak dan akan menghambat aktivitasmu keesokan harinya.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan bagi pekerja kantoran untuk menjaga pola hidup sehat ketika sedang puasa. Pastinya puasa tidak menghalangi kamu beraktifitas seperti biasanya, asal dengan menjaga pola hidup yang sehat ya.



Kota Tangerang Hidup Sehat

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!