Senin, 10 April 2023 10:55 WIB | Dibaca : 513
Warga Kota Tangerang Harus Tahu, Ini Bahaya Konsumsi Santan Berlebihan!

Momentum sepanjang bulan Ramadan, bahkan lebaran, seringkali dipakai untuk mengonsumsi makanan yang dianggap lezat secara berlebihan. Salah satunya, yang paling populer untuk dipilih menjadi pilihan utama adalah segala jenis makanan yang bersantan.

Memang, makanan bersantan dikenal dengan kandungan nikmat dan gurih yang seringkali membuat ketagihan. Terlebih, momen kumpul bersama juga seringkai membuat tanpa sadar sudah mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan.

Namun, makanan bersantan bukan tanpa efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Terdapat beberapa bahaya kesehatan yang ditimbulkan ketika kita mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan, di antaranya:

1. Menaikan Berat Badan

Pertama, adalah menaikan berat badan. Makanan bersantan dikenal dengan kandungan kalori dan lemak yang tinggi. Terlebih, kita biasanya memadukan makanan bersantan dengan lontong, ketupat, atau nasi putih yang juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Kombinasi kalori, lemak, dan karbohidrat yang tinggi ini dapat menyebabkan penambahan berat badan secara drastis bahkan tidak terkontrol.

2. Alergi

Kedua, adalah munculnya alergi. Makanan bersantan juga dikenal tidak ramah terhadap beberapa di antara kita yang menyimpan alergi, terutama yang memiliki alergi terhadap kacang. Meski terbilang jarang, reaksi alergi yang terjadi biasanya berupa munculnya ruam kulit, kesulitan bernapas, bahkan pembengkakan di bagian wajah.

3. Meningkatkan Kolesterol Darah

Ketiga, adalah meningkatkan kolesterol darah. Makanan bersantan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Rasio kolesterol yang tidak seimbang dapat menimbulkan tumbuhnya penyakit kardiovaskular.

4. Gangguan Pencernaan

Terakhir, adalah menimbulkan gangguan pencernaan. Makanan bersantan biasanya disajikan bersama makanan-makanan lain yang memiliki kandungan serat yang sedikit. Seperti yang kita tahu, kurangnya kandungan serat dapat memicu konstipasi, sakit perut, kram perut, dan diare.



Kota Tangerang Santan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!