Kamis, 16 Maret 2023 18:02 WIB | Dibaca : 546
Fokus Pada Peningkatan Kesejahteraan, Kota Tangerang Miliki PSM Terbanyak di Provinsi Banten
Fokus Pada Peningkatan Kesejahteraan, Kota Tangerang Miliki PSM Terbanyak di Provinsi Banten
Fokus Pada Peningkatan Kesejahteraan, Kota Tangerang Miliki PSM Terbanyak di Provinsi Banten

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Sosial (Dinsos) hingga saat ini telah memberdayakan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sebanyak 987 orang yang tersebar di 104 kelurahan dan 13 Tenaga Kerja Sukarela (TKS) di 13 Kecamatan, se-Kota Tangerang. Diketahui, Kota Tangerang menjadi kota dengan PSM terbanyak di Provinsi Banten.

Kepala Dinas Sosial, Mulyani mengatakan program PSM adalah pekerja sosial sukarela yang mempunyai fungsi sebagai tenaga pembimbing sosial disetiap wilayahnya. Dimana PSM yang dimiliki Kota Tangerang telah diberi pelatihan peningkatan kemampuan, yang meliputi pengenalan, pemahaman dan pendalaman tentang informasi yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial.

"Kota Tangerang juga telah memiliki Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), sebagai bentuk penguatan kelembagaan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di daerah. Kalau dulu PSM itu tidak memiliki payung hukum, maka saat ini sudah memiliki Permensos RI nomor 1/2012," jelas Mulyani.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang juga memiliki perhatian khusus pada mereka para PSM yang telah mendedikasikan diri untuk berkolaborasi untuk melayani dan menangani persoalan kesejahteraan sosial di Kota Tangerang. Yakni, sejak 2017 Pemkot Tangerang menyalurkan dana insentif bagi PSM sebesar Rp350 ribu per bulannya, dan sejak 2020 lalu telah dinaikan menjadi Rp500 ribu per bulan untuk setiap orangnya.

"Ini menjadi bukti nyata perhatian Pemkot Tangerang pada para PSM sebagai mitra kerja, serta langkah konkret untuk terus menangani permasalahan sosial di Kota Tangerang. Tentu diiringi sederet program kesejahteraan sosial, baik melalui Dinkes, DP3AP2KB, Disnaker maupun OPD lainnya," kata Mulyani.

Sebagai informasi, fokus intervensi PSM adalah interaksi perilaku manusia dengan lingkungan sosialnya. Dalam hal ini PSM mencoba membantu orang yang tidak atau kurang mampu berinteraksi dengan lingkungan sosialnya sehingga bisa melaksanakan tugas-tugas dalam kehidupannya, memecahkan permasalahannya ataupun memenuhi kebutuhannya.(bun)



Kota Tangerang PSM

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!