Rabu, 27 Oktober 2021 19:25 WIB | Dibaca : 141
Deteksi Dini Kondisi Penyakit Pada Balita Lewat SIMANTAB
Deteksi Dini Kondisi Penyakit Pada Balita Lewat SIMANTAB
Deteksi Dini Kondisi Penyakit Pada Balita Lewat SIMANTAB
Deteksi Dini Kondisi Penyakit Pada Balita Lewat SIMANTAB

Puskesmas Panunggangan, Kecamatan Pinang menerapkan program Kolaborasi Gizi Masyarakat dan Penanggulangan Tuberkulosis pada Balita (SIMANTAB), secara rutin untuk mendeteksi kondisi penyakit pada balita sedini mungkin, di wilayah kerjanya.

Kepala Puskesmas Panunggangan, dr Yumelda Ismawir mengungkapkan program ini merupakan unggulan dari Puskesmas Panunggangan. Program yang merupakan kolaborasi penanggulangan masalah gizi pada balita, dengan berat badan kurang atau sangat kurang.

"Melalui program ini, Puskesmas rutin melakukan pengecekan tumbuh kembang balita. Melihat apakah berat badan ada perkembangan, selain itu cek gigi, postur tubuh hingga mengecek potensi TBC pasa balita," ungkap dr Yumelda, Rabu (27/10/21).

Lanjutnya, menjalan program SIMANTAB, Puskesmas Panunggangan menggunakan pemeriksaan mantoux tes. Sebuah tes yang dilakukan dengan cara menyuntikkan larutan tuberkulin (protein kuman TB) di bawah kulit (intrakutan).
Setelah proses penyuntikan, biasanya akan didiamkan hingga 48-72 jam untuk memperoleh hasilnya.

"Jika pada bekas suntikan muncul benjolan kurang lebih 10mm, maka hasil tes bisa dikatakan positif dan menunjukkan adanya protein kuman Tuberkulosis yang menandakan pasien pernah terinfeksi. Disitulah kita melakukan tindakan lebih lanjut untuk mencegah pemburukan," jelasnya.

Kata dr Yumelda, lewat SIMANTAB Puskesmas Panunggangan berhasil menyelesaikan kasus gizi buruk di wilayahnya. Terlebih, memyembuhkan kasus TBC pada balita sedini mungkin secara total.

"Tapi tidak lengah, program SIMANTAB tetap kita lalukan secara rutin. Mencegah munculnya penyakit pada balita, kita mau lewat SIMANTAB anak-anak di Panunggangan sehat, kuat, cerdas dan bahagia," katanya.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!