Minggu, 21 Agustus 2016 11:40 WIB | Dibaca : 495
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016
Wali Kota Buka TIFF 2016

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, Minggu (21/08) malam, secara resmi membuka Tangerang International Folklore Festival (TIFF) 2016. Kegiatan ini menyajikan berbagai tradisi dan budaya lima negara yang tergabung dalam TIFF 2016, yakni Indonesia yang diwakili Kota Tangerang, kemudian Srilanka, India, Philipina, serta Meksiko. Para peserta TIFF 2016 akan memperkenalkan tradisi dan kebudayaan negaranya masing-masing selama enam hari kedepan.

Perhelatan yang baru pertama kali diadakan di Kota Tangerang tersebut cukup menarik animo masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya yang sejak Ba'da Magrib terlihat sudah memadati Pelataran Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang yang menjadi lokasi utama TIFF 2016. Antusiasme warga memang sudah terlihat sejak pagi hari dimana para peserta melakukan Parade Budaya di Lapangan Ahmad Yani.

Para delegasi yang juga sudah ada di lokasi juga tak luput dari buruan kamera para penonton. Seperti rombongan delegasi Meksiko yang berdandan ala prajurit jaman Romawi yang menjadi favorit peserta untuk berfoto bareng.

Acara Opening Ceremony TIFF 2016 segera dimulai setelah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sachrudin hadir di lokasi acara. Lagu Indonesia Raya segera berkumandang. Segenap undangan dan pengunjung yang berada di lokasi berdiri dengan khidmat. Kehadiran para pemimpin Kota Tangerang tersebut juga didampingi oleh istri masing-masing. Bahkan Wali Kota sengaja mengajak anak-anaknya untuk menyaksikan performance dari perwakilan delegasi peserta TIFF 2016.

"Welcome to Tangerang, the industrial City in Indonesia, the City that so heteregeneous, and Tangerang is also known as the Gateway of Indonesia because of the biggest airport in Indonesia sided in the City," ujar Wali Kota saat memberikan welcoming speech di depan para undangan dan delegasi.

Dalam sambutannya Wali Kota juga memperkenalkan berbagai potensi yang dimiliki oleh Kota Tangerang, mulai dari potensi budaya, kuliner dan wisata belanja.

"Enjoy the athmosphere of the city, don't forget to spend your money in Tangerang," ucap Wali Kota.

Setelah sambutan Wali Kota, tiba saatnya para delegasi menampilkan pertunjukan dari masing-masing negara, diawali delegasi dari Indonesia yang diwakili oleh Komunitas Bujug Buneng Kecamatan Benda Kota Tangerang yang menampilkan rampak bedug yang kemudian dilanjut Silat Beksi.

Dilanjutkan dengan penampilan perwakilan delegasi dari Srilanka yang menampilkan tarian tradisional dari negaranya yang mirip-mirip dengan India. Kemudian disusul dengan penampilan dari Negara Philipina yang menampilkan tarian tradisional yang menceritakan tentang kehidupan para petani di Philipina.

Disusul kemudian tarian tradisional dari India yang dibawakan oleh lima orang laki-laki dan perempuan yang dengan kompak menampilkan tarian India yang memang sudah sangat terkenal dengan goyang pinggulnya. Penampilan para delegasi tersebut diakhiri oleh penampilan dari delegasi Meksiko yang menampilkan tarian energik yang mirip dengan gaya matador. Dengan semangat mereka menyajikan tarian dengan topi Sombrero yang menjadi ciri khas Meksiko. Penonton pun semakin bersemangat setelah para performer dari Meksiko mengajak para penonton untuk ikut menari bersama mereka.

Opening Ceremony TIFF 2016 secara meriah ditutup dengan penampilan para delegasi yang bersama-sama bergandengan tangan sambil menyanyikan salah satu lagu hit dari Whitney Houston yang berjudul When You Believe.

Gelaran TIFF 2016 yang dilaksanakan dari tanggal 21-26 Agustus 2016 juga dimeriahkan dengan Bazar Kuliner yang ada di Pelataran Puspem Kota Tangerang. Dan dalam TIFF 2016 masyarakat juga bisa menikmati penampilan lain dari para delegasi di beberapa lokasi selain Pelataran Puspem yang memang menjadi lokasi utama TIFF 2016, yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 7, SMKN 3, SMK PGRI 1, Lapas Wanita, dan Tangcity Mall.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!