Senin, 28 Maret 2016 14:59 WIB
Wali Kota : Angkutan Massal Salah Satu Alternatif Penanganan Kepadatan Lalin
Wali Kota : Angkutan Massal Salah Satu Alternatif Penanganan Kepadatan Lalin
Wali Kota : Angkutan Massal Salah Satu Alternatif Penanganan Kepadatan Lalin
Wali Kota : Angkutan Massal Salah Satu Alternatif Penanganan Kepadatan Lalin

Menyikapi perkembangan transportasi dengan segala permasalahan yang menyertainya, diperlukan kerjasama dan komitmen kuat dari seluruh pihak untuk menjadikannya semakin mudah dan nyaman bagi masyarakat.

"Penanganan transportasi melalui pendekatan angkutan massal seperti busway adalah salah satu solusinya," terang Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah, pada Rapat Koordinasi dalam rangka Rencana Pembangunan Jalur Busway Tendean (Blok M) - Ciledug - Terminal Poris Plawad, Selasa (28/03), yang digelar di Ruang Rapat Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Gedung Baru Dinas Teknis, Jalan Taman Jati Baru No. 1, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Wali Kota menyampaikan permasalahan transportasi yang kian hari semakin terlihat padat membutuhkan penanganan dengan cepat dan tepat. Tercatat sekitar 30 persen mobilisasi masyarakat Kota Tangerang ke Jakarta juga turut menambah beban kepadatan lalu-lintas di Ibukota Negara tersebut. Oleh karena itu, Pemkot Tangerang pun ingin turut serta memberikan solusi melalui forum diskusi pada hari ini, untuk selesaikan segala permasalahan transportasi dan akibat yang ditimbulkannya,

Seperti kita ketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menggarap elevated busway untuk rute Bus Transjakarta Koridor 13 yaitu rute Tendean - Ciledug.

Dalam kesempatan ini, Pemkot Tangerang tentunya ingin menyampaikan kembali usulannya kepada Pemprov DKI Jakarta terkait penambahan rute busway hingga Terminal Poris Plawad Kota Tangerang.

Pertemuan hari ini, kata Wali Kota, merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, yang membahas soal penanganan kepadatan lalu-lintas di Jakarta dan sekitarnya melalui penanganan masalah transportasi secara komprehensif, dari hulu hingga hilir. Diantaranya melalui perpanjangan elevated busway Tendean - Ciledug - Poris Plawad.

Dengan itikad baik antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Tangerang ini, diharapkan akan memberikan solusi yang bermanfaat bagi penanganan kepadatan lalu-lintas di Jakarta dan sekitarnya termasuk di Kota Tangerang.

"Semakin banyaknya transportasi angkutan massal diharapkan akan semakin mengurangi kepadatan lalu-lintas. Maka dari itu, kita harus sediakan fasilitasnya agar semakin mudah dijangkau dan digunakan masyarakat sehingga diharapkan mereka akan beralih moda transportasi," tegas Wali Kota.

Sementara itu, Yusmada Faizal, Kepala Bina Marga DKI Jakarta menyampaikan, usulan dari Pemkot Tangerang yang disampaikan Wali Kota Tangerang terkait perpanjangan rute busway Tendean - Ciledug hingga Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, pada dasarnya Gubernur Basuki Tjahaja Purnama pun telah memberikan lampu hijau untuk menindaklanjutinya karena beliau pun sangat serius ingin mengatasi permasalahan transportasi di Jakarta dan sekitarnya.

Kemungkinan perpanjangan koridor 13 jalur busway Tendean - Ciledug akan diteruskan ke Kota Tangerang tentunya bukan hal yang mustahil diwujudkan karena pada dasarnya secara perencanaan desain dan bangunannya, Pemprov DKI Jakarta sudah siap, tinggal meneruskan lima (5) kilometer lagi ke Poris Plawad.

"Sudah ada kerangka hook up-nya tinggal disambung. Insya Allah jika semuanya telah terkoordinasikan dengan baik tahun depan sudah bisa berjalan. Tinggal action aja," serunya seraya menambahkan pada forum ini sebenarnya telah sepakat untuk melakukan perpanjangan rute busway hingga ke Poris Plawad Kota Tangerang. Namun harus pastikan setiap prosesnya berjalan sesuai aturan dan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!